close
blazerrey

Bayangkan, sebuah benda ajaib yang bisa bikin pria terlihat: Lebih langsing, lebih tinggi, dada lebih bidang dan bahu lebih lebar?

Sounds too good to be true? Well, it’s not…

Jaket (Suit Jacket, Blazer Jacket, Sport Jacket) yang memiliki fit sempurna adalah benda ajaib itu. Dan caranya mudah, kamu tinggal mencari tukang jahit terdekat untuk membuka rahasia terbesar dari pakaian pria.

“The only reason I want to be a man is I would be able to wear Suit’’ – Anonymous (Wanita)

Itulah mengapa artikel kali ini berjudul “Wear a Jacket!”. Jacket yang saya maksud bukan jaket dengan resleting. Inilah jaket yang saya maksud:

Kebanyakan dari Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai blazer jacket, namun di artikel ini saya akan menyebutnya sebagai “Jaket” saja.

Moving on… Jaket adalah salah satu potongan klasik pada pakaian pria, dan klasik karena suatu alasan tentunya! Jaket membuat pria manapun lebih terlihat maskulin, respectable dan manly tentunya. Coba bayangkan, jaket klasik, sepasang jeans/chinos dan sepatu klasik. Yang Anda perlu lakukan hanya menyisir rambut dan senyum.

Single-Breasted atau Double-Breasted Jacket yang dikancing di pinggang dan sepanjang sedikit melebihi (maaf…) pantat, telah bertahan selama berabad-abad karena dapat melebarkan bahu, mengecilkan pinggang dan dapat membuat silhouette yang membuat orang lain melihat atas-bawah tanpa terpengaruh lebar.

Dengan kata lain, Jaket membuat kamu terlihat lebih baik. Always

Namun kenapa Jaket bisa mebuat kita terlihat lebih baik?

Kalau Anda punya ilmu mengenai fotografi atau videografi mungkin anda pernah mendengan istilah “One-Third(1/3) Rule” atau “Golden Ratio”.  Rule ini mengatakan bahwa otak manusia lebih suka melihat sesuatu yang memiliki rasio panjang 1:2.  Sayangnya, tidak semua tubuh manusia memiliki tubuh yang memiliki ratio tersebut, seperti patung-patung Yunani Kuno.

Dan jangan salah, mungkin ratio ini baik untuk kesimbangan sehingga manusia purba bisa berlari dari predator, namun secara visual tidak lebih baik dari ratio 1:2. Nah, sebuah jaket dapat mebuat pinggang kita terlihat lebih tinggi sehingga tubuh akan terbagi menjadi 1/3 bagian atas dan 2/3 bagian bawah, membentuk Golden Ratio 1:2.

TAPI, tidak sembarang jaket dapat memberikian efek ini. Hanya jaket dengan fit sempurna, namun dengan tukang jahit yang handal, seharusnya Jaket Off-The-Rack apapun bisa disulap agar memiliki fit yang pas dengan kamu.

So, Wear a Jacket NOW!

Tapi bagaimana menyelaraskan Jaket dengan pakaian-pakaian saya yang sudah ada?

Here’s some idea:

 

-Prama-

Tags : double breastedsingle breasted
Contributor Team

The author Contributor Team

Guest blogger & Contributor of Men Fashion & Style

6 Comments

  1. this is why I look a bit handsome right now. 🙂 Mas, tolong review parfum lagi boleh dong…(Sorry salah room)

  2. Bagaimana dengan pria yang memiliki postur tubuh gemuk dan pendek (bogel) ????
    bukankah jika memakai jaket yang penjang (melbihi pantat) akan membuatnya tampak lebih bogel ??

  3. lebih baik apabila jangan hanya menguruss fashion saja, bagi para cowo silahkan mendaftar ke gym untuk mendapatkan perut yang tidak buncit dan badan yang sedikit kekar, pake tshirtpun akan terlihat beda dibanding orang lain. trust me.

Comments are closed.