close
groomed

Kita semua pasti pernah mengalami terlambat bangun di pagi hari, apakah itu karena Anda keluar larut malam untuk berkencan, jam alarm mati atau pekerjaan yang menumpuk sehingga membuat Anda terpaksa untuk lembur. Ada kalanya seorang pria harus bersiap-siap di pagi hari dan keluar dari rumah dengan cepat. Ketika Anda telat bangun di pagi hari karena beberapa hal tersebut di atas, pekerjaan rutin seperti mandi pun mungkin bisa Anda lewatkan.

Pagi hari adalah waktu yang baik untuk memulai hari. Ada baiknya mengawali pagi hari dengan hal yang baik, dimulai dengan membersihkan diri dan grooming yang maksimal.

Pada pagi hari, kamar mandi seolah seperti tempat transformasi. Berjalan terkantuk-kantuk dengan badan yang bau, dan rambut berantakan yang terlihat bodoh. Setelah keluar dari situ, kita merasa terbarukan. “Feel fantastic” dan merasa semangat lagi untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Namun, ternyata tidak semua pria melakukannya. Karena merasa waktu adalah uang, waktu mereka untuk berbenah diri pun terkadang dipersempit atau mungkin cuek dengan kegiatan paling penting ini.

Maka dari itu kami telah mengumpulkan daftar hal yang perlu dipertimbangkan pada saat grooming di pagi hari, karena grooming Anda adalah segalanya.

1. Mandi membersihkan kulit dan rambut

 
Gunakan sabun yang cocok dengan kulit Anda. Kenalilah terlebih dahulu kulit Anda apakah Anda termasuk kulit kering atau kulit berminyak. Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung scrub untuk membuat sel-sel mati pada tubuh mengelupas.

Baca Juga:  Memilih Pakaian Yang Sesuai Tubuh Anda

Jika Anda termasuk pria yang penuh dengan aktifitas luar, anda dapat menggunakan sabun yang mengandung anti bakteri.? Karena sabun anti bakteri akan cukup ampuh membunuh kuman-kuman dari luar.

Hindari mandi dengan air yang terlalu panas karena dapat membuat kulit menjadi kering. Air yang terlalu panas juga dapat membuat minyak alami yang ada di dalam tubuh keluar terlalu banyak dan membuat pembuluh darah halus muncul di wajah.

Membilas rambut setiap hari sangat bagus, hal tersebut dapat membersihkan minyak alami yang mengering pada kulit kepala rambut. Pada saat menggunakan shampoo, Anda bisa memfokuskan pijatan rambut di area sekitar belakang telinga. Karena bagian tersebut adalah tempat dimana kulit kepala menghasilkan minyak paling banyak.

2. Membersihkan wajah

 
Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa kulit wajah pria 20% lebih berminyak daripada kulit wajah wanita. Hal tersebut menunjukkan bahwa kulit wajah pria butuh perawatan yang cukup karena berpotensi untuk lebih kotor. Dengan membersihkan wajah secara rutin, kulit wajah dapat terhindar dari jerawat kemudian wajah juga terlihat segar.

Baca Juga:  5 Kesalahan Grooming yang Tidak Disadari Oleh Pria

Sebaiknya mengindari penggunaan sabun pencuci muka yang terdapat bahan kimia. Anda bisa menggunakan sabun pencuci muka yang mengandung scrub di dalamnya.

Scrub tersebut dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta menghaluskan kulit pada wajah. Saat membersihkan wajah, Anda bisa memfokuskan pada bagian dahi Anda dan hidung, karena pada bagian tersebut tempat pusat kelenjar minyak berada.

3. Shaving/Mencukur kumis & jenggot

 
Jika Anda tipe pria yang tidak suka memelihara kumis & jenggot, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

  • Basuh dengan air hangat – Pertama-tama, basuh bagian kulit yang ingin dicukur dengan air hangat. Hal tersebut akan membuka sedikit pori-pori Anda, membuat bulu lebih lembut dan mudah untuk dicukur.
  • Gunakan Preshave Oil/Minyak pencukur – Minyak ini sangat berguna untuk mengurangi iritasi pada saat mencukur. Minyak ini melindungi kulit dan memudahkan jenggot untuk dicukur. Sehingga memungkinkan pisau untuk meluncur mulus di atas kulit dan mengurangi iritasi . Manfaat lain adalah minyak tersebut membentuk sebuah pelindung di atas lapisan kulit sehingga langsung dapat melindunginya dari pisau. Minyak tersebut dirancang untuk diterapkan di bawah gel, krim atau foam sebagai perlindungan tambahan.
  • Mencukur searah tumbuhnya bulu – Jika bulu Anda tumbuh ke arah bawah, cukurlah dari arah atas ke bawah, bukan sebaliknya. Jika berlawanan, dapat menimbulkan iritasi.
Baca Juga:  4 Kesalahan Penggunaan Jam Tangan Pada Pria

4. Membersihkan gigi dan mulut.

 
Untuk memulai pagi yang indah, janganlah Anda rusak mood orang-orang di sekitar dengan aroma nafas Anda yang tidak sedap. Menurut salah seorang dokter di New York, Stewart Gordon mengatakan, bahwa kepala sikat gigi yang agak besar, akan menjangkau gigi secara luas.

Kemudian, sebaiknya pilihlah bulu sikat yang cukup halus agar gusi Anda tidak terluka dan infeksi. Lalu sikat bagian lidah Anda. Bakteri bisasanya mengumpul di bagian lidah belakang Anda.

Dengan menyikatnya, Anda telah menghilangkan salah satu penyebab timbulnya bau mulut.

5. Merapihkan rambut

 
Setelah semuanya selesai dan Anda sudah siap untuk bergegas keluar untuk melakukan aktifitas, jangan lupakan bagian tubuh yang satu ini. Ya! rambut Anda. Jangan sampai rambut Anda merupakan salah satu jenis rambut yang tidak disukai wanita. Tipsnya adalah, bentuk rambut Anda terlebih dahulu, kemudian tambahkan produk untuk rambut di dalamnya (gel/wax/pomade). Ratakan agar efeknya lebih baik.

Tags : groomingpemula
Rush

The author Rush

is netizen, blogger, and author of this blog. Always love and support local product.

1 Comment

  1. Saya juga mengikuti saran ini, dan Terlihat lebih wangi dan bersih. Wanita pun gak segan memuji bahkan saat pertama kali bertatap. Nice Tips FP. 🙂

Comments are closed.