close
Tips

Tips Berpakaian Ketika Cuaca Panas

Summer

Tips Berpakaian Ketika Cuaca Panas. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia hanya terdiri dari dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Dengan keadaan seperti itu tentunya kita lebih mudah untuk mengoleksi beberapa fashion yang cocok untuk musim yang ada pada saat itu. Namun kenyataannya tidak semua pria juga mengerti bagaimana cara berpakaian pada musim hujan ataupun pada musim panas.

Pada dasarnya, ketika musim hujan tiba, kita berpakaian agak tebal dan menggunakan bahan yang tidak mudah basah. Lalu pada saat musim panas, kita berpakaian dengan bahan yang agak tipis, ringan dan mudah menyerap keringat.

Namun prinsip dasar tersebut rasanya tidak cukup bagi Anda yang terus ingin tetap tampil menarik. Beberapa hal tersebut tadi mungkin hanya memberikan rasa nyaman sesuai dengan cuaca yang dihadapi. Tetapi bisa saja belum dapat memberikan rasa percaya diri.

Ada beberapa hal yang patut Anda ketahui tentang bagaimana cara berpakaian ketika cuaca panas.

1. Pemilihan bahan yang tepat

Ya, dalam berpenampilan kita memang tidak bisa lepas dalam hal memilih bahan. Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa ketika cuaca panas, hendaknya Anda memilih bahan yang ringan, tipis dan tidak panas. Lalu apa saja jenis bahan pakaian yang cocok untuk cuaca panas? Berikut ini adalah beberapa contohnya:

a. Cotton – Bahan ini sering kita jumpai. Bahan katun memang sangat cocok untuk digunakan pada saat kondisi atau cuaca panas. Sifatnya yang menyerap keringat membuat bahan ini sering digunakan. Hanya saja kelemahan dari bahan ini adalah mudah kusut. Sehingga perlu perhatian lebih pada saat menggunakannya.

b. Linen – Bahan ini cenderung lebih mahal ketimbang dari bahan katun. Sifatnya lebih kuat dan ringan membuat bahan ini lebih istimewa pada saat musim panas. Hanya saja kekurangan dari bahan ini adalah mudah kasar dan mengkerut jika tidak dirawat dengan baik.

Ketika Anda mencoba untuk mengoleksi beberapa pakaian untuk musim panas, cobalah bahan di atas. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu ketika di toko.

Tidak harus di ruang ganti, tetapi Anda coba beberapa saat sambil berjalan-jalan kecil untuk merasakan apakah bahan tersebut lama-lama akan terasa panas atau gerah. Jika memang iya, gantilah dengan model lain.

Cotton Fabrics

Atau cara lainnya adalah dengan melihat komposisi bahan dari pakaian tersebut. Biasanya bisa Anda lihat dibagian label dalam baju. Ada yang 100% cotton, ada yang 70% cotton dan lain sebagainya. Tentunya dengan komposisi yang lebih tinggi yaitu 100% cotton, bahan tersebut cocok untuk musim panas.

2. Soft & Bright color

Pemilihan warna memang hal yang sangat personal. Namun ada baiknya ketika cuaca panas, hindari warna-warna yang cenderung tebal dan gelap. Karena ketika terkena terik matahari, warna tersebut akan menambah rasa panas pada tubuh. Warna-warna lembut dan cerah bisa menjadi pilihan untuk Anda.

3. More chinos and short pants

Bagi Anda yang tidak menyukai celana dengan bahan denim, chino pants merupakan salah satu pakaian yang bisa Anda kenakan. Terbuat dari bahan katun dan sangat cocok untuk cuaca panas. Tidak hanya nyaman saat digunakan di cuaca panas, chino pants juga menambah value untuk penampilan Anda.

Short pants chino

Short pants atau celana pendek juga pilihan yang bisa Anda coba untuk beberapa kegiatan yang santai. Sekedar hangout di cafe kecil, santai bersama teman di cuaca yang cukup panas, tidak ada salahnya untuk meninggalkan celana panjang Anda dan beralih ke short pants atau celana pendek.

4. Tetap lindungi diri Anda dari sinar matahari

Jangan lupa untuk aksesoris multifungsi seperti kacamata. Tidak hanya menambah nilai dari penampilan Anda, kacamata hitam seperti aviator dapat melindungi mata Anda dari teriknya matahari.

Tidak hanya itu, sebuah topi juga jangan Anda lupakan. Bagi Anda yang memiliki rambut cukup tipis, penggunaan topi dapat melindungi kulit kepala dari sinar matahari yang cukip terik.

Sepertinya tips ini simple. Tapi saya yakin, masih banyak pria yang belum melakukannya.

Rush

The author Rush

is netizen, blogger, and author of this blog. Always love and support local product.

1 Comment

  1. Untuk jaket, boot, syal sih menurut saya harganya bersaing deh, gak terlalu mahal juga, tergantung model juga sih. Yang menarik mereka juga punya beberapa dress dari bahan rajut, tapi harganya setara Zara (sebelum Zara Sale, apalagi further reduction! jangan dibandingin deh).

Comments are closed.