close
Tips

5 Tips Agar Musim Hujan Tidak Merusak Penampilan Anda


Dalam perpenampilan tidak hanya menyesuaikan dengan acara yang Anda kunjungi. Kebanyakan pria mungkin kerap lupa bahwa berpenampilan juga harus menyesuaikan kondisi cuaca. Beruntunglah kita yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Sehingga lemari pakaian Anda tidak lebih hanya terdiri dari pakaian tebal dan tipis.

Pria maskulin tentunya tidak takut dan berani menerobos hujan badai tanpa pelindung apapun. Tetapi kemudian jika Anda jatuh sakit, Anda termasuk pria “sembrono”. Karena berani tidak selalu sama dengan nekat bukan?

Ketika Anda datang ke tempat tujuan Anda dengan kondisi yang basah kuyup. Tentunya akan sangat mempengaruhi sekali mood ataupun fokus Anda terhadap aktifitas yang akan dikerjakan.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips sederhana agar musim hujan tidak merusak penampilan Anda.

Mengetahui Jadwal Musim Hujan

Menurut para ahli meteorologi, musim hujan di Indonesia dimulai sekitar bulan Oktober hingga April. Namun perubahan ekosistem yang ada di dunia mempengaruhi jadwal musim hujan tersebut. Musim hujan di Indonesia bisa saja lebih cepat, lebih lama atau lebih lambat.

Maka dari itu, Agar musim hujan tidak merusak penampilan Anda, kami rasa wajib bagi Anda untuk memperhatikan informasi tentang kondisi cuaca yang akan terjadi.

Weather Apps Smart Phone Ios android

Image by iappdevice

Di era yang modern saat ini, tidaklah sulit untuk mendapatkan informasi tersebut. Anda bisa mengunjungi informasi di official website BMKG Indonesia bmkg.go.id, atau install beberapa aplikasi ramalan cuaca di smartphone Anda.

Pastikan Kaki Anda Tetap Kering

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa kenyamanan Anda dalam berpakaian dimulai dari bawah. Buatlah senyaman mungkin kaki Anda ketika musim hujan datang.

wet shoes men style sneaker wet shoe

Image by blamethecrane.tumblr.com

Alas kaki Anda yang basah dan kotor tidak hanya akan merusak mood Anda dalam berpenampilan tetapi juga dapat menyebabkan penyakit.

Sebisa mungkin pastikan kaki Anda tetap kering. Ya, ini adalah hal yang sulit. Apalagi musim hujan di Indonesia identik dengan banjir. Namun kaki yang basah dan dingin, bisa membuat mood Anda tidak nyaman, menggigil dan mungkin akan mempengaruhi fokus Anda dalam beraktifitas.

Hindari alas kaki atau sepatu dengan bahan suede dan kanvas. Karena bahan tersebut sangat menyerap air. Anda bisa menggunakan sepatu dengan sol berbahan karet/rubber dengan grip yang tidak rata.

men canvas wet shoes

Sepatu berbahan kanvas mudah kotor – Image by kasparag.tumblr.com

Hal tersebut dapat menghidarkan Anda terpeleset dari permukaan licin dan mudah untuk dibersihkan.

Sepatu dengan bahan kulit juga bisa Anda gunakan. Namun sebaiknya Anda lapisi terlebih dahulu dengan lapisan pelindung. Bahan kulit lebih mudah dibersihkan.

Ketika terkena cipratan air dan basah, segeralah lap dengan kanebo, tisu kering ataupun bahan sejenisnya. Jika tidak, sepatu kulit Anda tidak akan bertahan lama dan mudah rusak.

Tips lainnya Anda bisa menggunakan boots anti air atau terbuat dari bahan karet. Menggunakan sandal adalah pilihan terakhir jika tips sebelumnya tidak bisa Anda lakukan.

Namun perlu diingat bahwa menggunakan sandal pada musim hujan adalah sebagai alat sementara. Setelah sampai tujuan, basuhlah kaki Anda dengan bersih dan kenakan kembali sepatu terbaik Anda.

Waterproof is Your Friend

Setidaknya Anda harus memiliki jenis pakaian dari bahan ini. Baik itu jacket ataupun coat. Jika saat ini lemari Anda belum terisi dengan pakaian yang memiliki bahan anti air, tambahkanlah. Terlebih lagi jika jacket anda terdapat hoodie/tudung kepala yang mampu melindungi bagian kepala Anda dari air hujan.

Jaket Anti Air Untuk Pria Waterproof jacket

Waterproof Jacket with Hoodie – Image by lookbook.nu

Jangan Remehkan Payung dan Jas Hujan

Sebagian pria mungkin risih dan ingin tidak terlihat ribet. Payung dan jas hujan adalah barang yang biasanya sangat enggan bagi pria untuk dibawa. Bagi Anda yang sering bepergian dengan kendaraan umum atau berjalan kaki, tidak ada salahnya untuk membawa payung. Sediakan juga payung di mobil Anda.

Anda bisa menggunakan payung dengan ukuran yang agak besar. Kenapa? dengan payung yang agak besar, jangkauan untuk melindungi air hujan juga cukup besar.

Bayangkan jika Anda membawa banyak barang bawaan yang cukup besar. Payung tersebut bisa menjadi penyelamat dari isi tas Anda.

Payung Pria

Image by tumblr

Milikilah sendiri payung Anda. Hindari untuk meminjam atau menggunakan payung ibu atau saudara wanita Anda yang penuh dengan motif bunga-bunga atau warna feminim.

Carilah warna-warna hitam, abu-abu, cokelat, biru atau warna-warna yang masih memberikan kesan pria maskulin.

Begitu juga dengan jas hujan. Selalu siapkan jas hujan Anda di kendaraan, khususnya bagi Anda yang berkendara dengan sepeda motor. Jangan sepelekan hujan rintik-rintik dengan tidak mengenakan jas hujan.

Hujan rintik-rintik dengan berkendara cukup jauh juga tanpa sadar akan membuat pakaian Anda basah kuyup ketika sampai tujuan.

Tapi perlu di ingat, tidak semua jas atau mantel hujan bisa tampak menarik untuk digunakan. Lihatlah gambar di bawah ini.

mantel jas hujan pria cowok

Saya rasa tidak ada yang menarik dari mantel tersebut. Cobalah beberapa mantel jas hujan yang terdiri dari atasan dan bawahan. Sehingga lebih baik untuk dilihat.

Tata Ulang Penampilan Anda dan Buat Tubuh Tetap Hangat

Setelah sampai ditujuan. Carilah toilet, bersihakan diri Anda dari kotoran dan air hujan. Seka bagian basah dengan tisu kering atau sapu tangan. Maka dari itu, selalu sediakan barang tersebut di kantong Anda.

Tata ulang penampilan Anda dari mulai rambut, hingga pakaian yang mungkin tidak rapih. Pastikan tubuh Anda tetap hangat jika udara disekitar masih dingin dengan menggunakan syal, sweater, jacket ataupun cardigan dengan bahan lembut yang hangat.

Tips berpakaian untuk musim hujan ini masihlah cukup sederhana. Kami yakin Anda memiliki cara sendiri yang lebih baik. Jika tidak punya, artikel ini bisa menjadi acuan untuk Anda.

“Bad weather is not always bad style”

Rush

Rush

The author Rush

is netizen, blogger, and author of this blog. Always love and support local product.

3 Comments

  1. SETUJU SERATUS PERSEN sama tips2 di atas..banyak orang indonesia (terutama cowok) yang masih ga peka sama musim hujan..padahal Indonesia cuma punya dua musim, musim hujan sama kemarau, tapi banyak yang ga punya payung, ga punya water proof dan lebih milih buat neduh berjam-jam..such a waste of time..

  2. mungkin nambahin satu tips lagi..hindari memakai pakaian dengan bahan yang tebal..karena kalo udah basah, mengeringkannya butuh usaha dan waktu yang banyak. dan kalo udah lembab, baunya jadi ga enak..

Comments are closed.