close
Tips

Tip Menentukan Ukuran Kemeja Formal Anda

Memilih Kemeja

Memilih kemeja yang pas dengan ukuran badan memang sangat sulit, apalagi untuk kemeja formal. Tetapi kemeja formal yang di jual di pasaran biasanya mempunyai ukuran standar, walaupun terkadang ada sedikit variasi ukuran pada merek tertentu.

Umumnya ukuran kemeja di tentukan dari ukuran leher dan lengan, juga ada beberapa perusahaan yang menentukan dari ukuran pinggang atau bagian badan lainnya.

Berikut ada beberapa tip dalam memilih dan menentukan ukuran kemeja formal yang pas dengan badan Anda:

1. Ukur Leher Anda
Ambil pita ukur (meteran) dan ukur lingkar leher Anda pada bagian yang biasa untuk tempat jatuhnya kerah. Tambahkan 1.5 inchi dari hasil ukur Anda tersebut, kemudian ukuran tersebut di bulatkan ke atas. Misal 16,3 di bulatkan menjadi 16,5 inchi. Hal ini agar kerah kemeja Anda tidak mencekik leher Anda.

Sizing Neck

 

2. Ukur Panjang Lengan Anda
Minta bantuan teman Anda untuk mengukur panjang lengan Anda. Berdiri tegak, tangan di letakkan di samping dengan rileks. Ukur dari pangkal leher sampai ke pergelangan tangan, pastikan pita ukuran jatuh datar pada bahu dan lengan.
Dari hasil ukur yang di peroleh, tambahkan 1 inchi lalu bulatkan keatas.

3. Ukur Pinggang Anda
Ini perlu Anda lakukan jika pada kemeja yang ingin Anda beli memberikan informasi ukuran pinggang.
Berdiri dan ukur lingkar pinggang Anda, lalu tambahkan 1,5 inchi dari hasil ukurnya.

sizing waist

 


4. Pilih Cuttingnya.
Cutting athletic cut umumnya slim dan mengecil pada bagian pinggang, sedangkan regular cut sedikit lebih renggang. Tanyakan kepada pramuniaganya, apa beda jenis-jenis cutting pada mereknya, dan pilih yang Anda mau.

Jika Anda malas untuk melakukan ini semua, pergilah ke taylor dan biarkan dia melakukan itu semua untuk Anda. Karena memang untuk kemeja formal sebaiknya Anda membuatnya sendiri di tukang jahit yang mengerti bagaimana kemeja tersebut di custom sesuai badan Anda.

-Que-

Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

4 Comments

  1. Mantap!

    Bermanfaat banget!

    Ada banyak perubahan dari diri saya, setelah masuk ke situs ini beberapa bulan lalu. Terima kasih

  2. Follow terus dah di fashionpria.com 😀

    Tolong bahas untuk jenis bahan kemeja donk Bro.
    Biar bisa kita nentuin kualitas dari kemeja yang kita pake sendiri.
    Thanks..
    🙂

Comments are closed.