close
Tips

Tips Memilih Warna Pakaian

Pemilihan Warna Pakaian

Waktu itu, saya dengan teman-teman pergi ke suatu pusat keramaian untuk menyaksikan pertandingan final sepakbola Liga Champions.Yang menarik perhatian saya adalah orang-orang yang berpenampilan mengenakan pakaian dengan warna tidak sesuai, bertabrakan.

Mungkin banyak orang yang tidak memikirkan kesesuaian dalam pemilihan warna pakaian. Mereka beranggapan bahwa mereka dapat mengenakan warna apa saja selama mereka suka, nyaman dan terlihat bagus untuk mereka. Tentu saja hal ini tidak salah. Tetapi dalam hal interaksi, kita juga harus memperhatikan aspek penilaian orang lain.

Satu hal yang paling penting dalam berbusana adalah pemilihan warna pakaian yang tepat, tetapi tidak hanya se-simpel menyamakan warna atasan, bawahan maupun bagian lain. Kita harus mengetahui kombinasi warna apa yang sesuai satu dengan yang lain.

Untuk mahir dalam hal ini, kita harus mengetahui ilmu dasar tentang warna. Sebenarnya kita pernah mendapatkan pengetahuan ini sewaktu kita masih duduk di sekolah dasar, pada pelajaran seni rupa. Saya sendiri walaupun tidak jago menggambar, tapi saya suka ketika belajar tentang warna dan pencampurannya.

Baca Juga:  Beberapa Kesalahan Berpakaian Pria

Namun untuk Anda yang kurang tertarik untuk mempelajari dan mengingat-ingat kembali, berikut ada tips-tips mudah dalam pemilihan warna pakaian:

  1. Jangan menggunakan pakaian lebih dari 3 warna. Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya (tips fashion pria), ini merupakan peraturan yang paling penting.
  2. Kenakan warna yang tepat dengan kulit Anda. Jika kulit Anda berwarna gelap, kenakan warna – warna cerah seperti putih, krem, abu-abu atau baby blue. Untuk kulit berwarna putih, pilihan warna yang dapat di gunakan lebih banyak. Anda bisa mengenakan warna yang lembut atau pastel.
  3. Jangan mengenakan celana dengan warna terang. Seperti warna merah, kuning atau orange. Kenakan warna-warna netral atau gelap.Β Hindarkan juga memadukan warna abu-abu dengan warna terang seperti kuning.
  4. Sesuaikan warna pakaian dengan waktu dan tempat. Warna gelap untuk acara formal. Sedangkan warna terang untuk acara informal.
  5. Kenakan ikat pinggang dengan warna yang sama dengan sepatu. Jika sepatu Anda berwarna hitam, kenakan juga ikat pinggang warna hitam.
Baca Juga:  Menciptakan Kesan Pertama Yang Memikat

Jadi sebelum Anda keluar rumah dan ingin tampil menarik, perhatikan dulu ke enam tips pemilihan warna pakaian di atas.

-Que-

Tags : dasar warnafeaturedwarna kulitwarna pakaian
Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

31 Comments

  1. Ini dia nih masih sering bermasalah bro…pemilihan warna pakaian…kulit ga item2 banget sih..tapi juga ga putih..sering ga pede soal fashion..rada ga peduli juga sih..tapi setelah mempir kesini, kayaknya harus membenahi lebih banyak hal .. thanks brad..

  2. @Putra Kebumen: Iya bro, kita sebagai pria juga punya perlu untuk berpenampilan menarik, yaitu melalui fashion yang kita kenakan.
    @Robb: Thanks man.

  3. Tidak hanya itu waktu yang paling indah tahun, tapi aku juga cinta dengan seorang pria yang baik. Dia sedikit hipster pusat kota, meskipun dia tidak buruk tentang hal itu. Lagi pula, aku ingin dia beberapa hadiah keren untuk Xmas, dan saya pikir sepatu akan baik. Ada saran?

  4. kalo hitam masuk warna ga bro ?
    Misal celana warna item, baju warna baby blue, rompi warna dominan coklat muda-hijau tua-sedikit baby blue.
    Itu termasuk 3 atau 4 kombinasi warna ? (Hitam, biru, coklat, hijau)

  5. AQ ssh buanget cri warna pakaiann dngn menggunakan tips d atas aq jdi lbh seneng
    hehehehehehe……. πŸ™‚

  6. bro …
    masih suka bingung matching kn warna nih πŸ™
    dlm aktivitas sehari2 sy lebih sering menggunakan jeans dgn t-shirt, polo shirt or smart casual shirt + casual shoes
    krn sy bukan org ‘office’ tp lbh ke entertainment n music productions, jd bnyak ketemu clients di public places …

    tp suka bingung matching kn baju dgn warna sepatu
    gmn ya? klo jeans kn dah gitu2 aja warna nya dark, mnurut sy dah cukup ‘aman’ , cuma suka riskan atasan dgn spatu
    sekedar info, warna kulit coklat
    casual shoes sy: hitam, coklat kayu (agak light brown), putih cr*cs πŸ™‚

    ada mix n match tips yg lebih dlm utk case sy?
    or mungkin bbrp rekan pria lain nya πŸ™‚

    thanks b4

  7. saya ingin datang ke sebuah acara dengan syarat ber kemeja biru elektrik. cocoknya dipadankan dengan “jas dan dasi” warna apa ya? mohon bantuannya.saya agak kurang mahir hehehe

  8. mau tanya, apabila acara pada siang hari dengan menggunakan jas, lalu hem dalamnya itu sebaiknya memakai warna putih atau warna biru ? karena jasnya berwarna biru hampir hitam / biru dongker. lalu pemilihan warna dasinya bagaimana ? terima kasih

  9. bro, mau nanya.. beberapa hari lalu kan dapet kado sepatu warna tortoise shell (sepintas seperti warna oranye kecoklatan). Kira-kira padu padan warna buat celana dan bajunya apa ya?

  10. Artikel yang bagus Bos, saya sangat terbantu.
    Yang ingin saya tanyakan, kenapa kita dsarankan jangan menggunakan celana warna terang?
    Selain itu, gimana jika memadukan warna ikat pinggang yang tidak sama dengan sepatu, namun mirip, semisal hitam dengan abu2?

    Terima kasih πŸ™‚

Comments are closed.