Tips Dress shoes

Published on July 31st, 2011 | by Que

5

Panduan Sederhana Dalam Memilih Sepatu Formal

Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel terdahulu oleh Rush, sepatu formal/dress shoes adalah sepatu yang wajib di miliki. Setiap pria wajib memiliki beberapa pasang dress shoes untuk ke kantor ataupun acara-acara penting lain. Entah itu untuk acara bisnis ataupun kencan istimewa Anda, tidak ada yang dapat membuat Anda terlihat lebih sukses ataupun seksi selain dress shoes yang berkualitas.

Apa yang Anda kenakan pada kaki Anda dapat memperbaiki atau merusak penampilan Anda. Tidak peduli apakah Anda mengenakan jas terbaik atau termahal di dunia, jika sepatu Anda berkualitas buruk, maka rusaklah penilaian orang terhadap Anda.

Dress shoes yang berkualitas mungkin terlihat mahal. Padahal justru lebih murah dan efisien jika kita mempertimbangkan lama pemakaiannya yang awet selama bertahun-tahun dan juga rasa percaya diri yang kita dapatkan saat mengenakannya.

With shoes it’s all about quality, quality, quality.” Ya, tidak ada kompromi dalam hal kualitas sepatu. Lebih baik memiliki 2 atau 3 pasang sepatu berkualitas, daripada memiliki 10 pasang sepatu yang biasa-biasa saja.

Bagaimana mengetahui kualitas dari sepatu?
Sepatu yang berkualitas dapat kita ketahui dari konstruksinya, dan ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai hal ini:

  • Sepatu yang berkualitas harus terbuat dari kulit asli. Begitu juga bagian sole / tapak sepatu juga terbuat dari kulit yang baik. Umumnya sepatu yang berkualitas dapat di refurbsihed atau di perbaharui hingga beberapa kali.
  • Bagian sole harus di jahit pada bagian bawah sepatu, bukan di lem
  • Bagian dalam sepatu juga terbuat dari kulit berkualitas tinggi, misalnya calfskin atau kulit anak sapi, bukan terbuat dari lapisan karet atau lainnya.
  • Jahitan sepatu harus rapi dan hampir tak terlihat

Berikut adalah gambar dari konstruksi dasar sepatu formal/dress shoe yang saya dapatkan dari Details.com :

1. Tali sepatu / laces
Sepatu formal ada 3 jenis yaitu oxford, loafers dan boots. Untuk jenis yang menggunakan tali  seperti pada gambar di atas di namakan Oxford. Ada sebuah fakta bahwa sepatu formal dengan tali terlihat lebih baik dengan setelan jas daripada jenis slip-on / loafers.

2. Warna
Pemilihan warna sepatu harus di sesuaikan dengan pakaian / jas yang di kenakan dan juga acara yang akan di hadiri. Warna hitam cocok untuk acara seperti presentasi bisnis, meeting dengan klien atau acara resmi lainnya.  Sepatu warna coklat dapat di padankan dengan setelan jas berwarna biru navy atau charcoal / abu-abu.

3. Bahan Sepatu
Ada beberapa jenis bahan sepatu yang dapat Anda pilih, tetapi bahan glossy leather adalah pilihan yang aman. Anda juga dapat mencoba sepatu berbahan suede ataupun bahan eksotis seperti kulit buaya dan lainnya.

4. The Toe/Ujung Sepatu
Ujung sepatu/toe berbentuk elips atau runcing terlihat lebih berkelas di banding dengan yang berbentuk persegi. Tetapi banyak juga ujung sepatu persegi yang terlihat elegan. Untuk sepatu yang berbentuk elips modelnya klasik dan tidak pernah ketinggalan jaman.

5. The Welt
Welt adalah celah antara bagian atas sepatu dan bagian sole (6). Sepatu yang berkualitas memiliki jarak welt yang cukup dekat, namun masih dapat terlihat.

6. Sole
Sole adalah bagian bawah sepatu yang seharusnya di jahit, bukan di lem. Selain itu, sole sepatu yang berkualitas terbuat dari kulit juga  dan cukup tebal ukurannya sekitar seperempat inci.

7. Broguing
Broguing adalah semacam hiasan pada bagian ujung sepatu, yang biasanya berupa jahitan dekoratif dan berlubang yang fungsinya sebagai aliran keluar masuk udara. Sebuah sepatu bisa saja memiliki broguing atau tidak. Tetapi yang perlu di ingat, sepatu yang tidak memiliki broguing terlihat lebih formal.

“There is nothing that will make you look more stylish and give you a confidence boost like a nice pair of shoes.”

-Que-


About the Author

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.



5 Responses to Panduan Sederhana Dalam Memilih Sepatu Formal

  1. Fab Cavallino says:

    Nice article. Many details.

    Apakah saat kencan jalan di mall atau makan di restoran bisa memakai sepatau jenis ini? Karena ada beberapa sepatu formal yang kurang nyaman jika dipakai untuk berjalan jarak menengah.

    Ada quote yg masih saya ingat sampai sekarang dari seorang Direktur sebuah perusahaan sepatu ekspor.

    “Our future depends on our step. Our step decided by our shoes and feet.”

    -Fab Cavallino-

  2. Que says:

    @Fab Cavallino: Ya, seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf awal, sepatu ini akan membuat Anda terlihat lebih berkelas dan seksi saat kencan dengan pasangan Anda

  3. Joni says:

    keren bro nie situs..

    i love you que….

  4. riyadi says:

    nice info… minta izin kopas ya bro…

  5. Ksathriya says:

    Kalo sepatu kulit ala rocker yang ada heelsnya terus ujungnya agak melengkung itu, tolong dijelasin dong. Mulai dari sex appealnya, belinya di mana, dll :D

Back to Top ↑