close
Memilih-Style-Rambut

Dalam hal penampilan, pakaian dan sepatu yang baik saja tidak cukup. Style/model rambut juga merupakan faktor utama yang ikut melengkapi penilaian orang terutama wanita terhadap Anda. Pernahkah Anda melihat seseorang yang mengubah total style rambutnya dan dia jadi terlihat berbeda?

Ya ini benar, style/model rambut kita sangat penting. Tetapi banyak pria yang melupakan sesuatu yang tumbuh di kepala mereka. Kita tidak seperti wanita yang peduli dan merawat rambut mereka. Ada ungkapan bahwa “Rambut adalah mahkota wanita”. Sebenarnya saya kurang setuju, karena rambut juga adalah mahkota pria.

Menentukan style rambut yang cocok tidaklah mudah, karena ini akan mengubah penampilan seseorang apakah menjadi lebih baik atau buruk. Banyak yang meminta saran ke saya style rambut untuk mereka.

Saya bukan seorang hair stylist, jadi tidak tahu style apa yang cocok untuk Anda. Tetapi berikut saya akan memberikan beberapa langkah dalam memilih style rambut yang cocok untuk Anda:

1. Kenali Ciri – Ciri Fisik Anda

Maksud saya Anda harus tahu bagaimana bentuk kepala Anda, ciri – ciri wajah, tekstur dan ketebalan rambut Anda. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan style rambut yang cocok dengan Anda. Tidak semua style/model rambut bisa Anda terapkan untuk kepala Anda.

Banyak pria hanya mengikuti style rambut yang saat ini sedang trend, populer atau style aktor idola mereka. Hal ini tidak masalah, tetapi saya tidak menjamin wanita akan melirik Anda.

Saya ingat saat masih kuliah dahulu, waktu itu sedang tenar film F4 Meteor Garden. Banyak pria yang meniru style rambut tokoh utamanya, Tao Ming Tse.

Bahkan sahabat saya sendiri  pun juga mengikuti, membiarkan panjang rambutnya kemudian di rebonding, padahal tekstur rambutnya ikal. Tentu saja ini akan terlihat aneh, jika tidak seusai dengan bentuk kepala dan tekstur rambut Anda.

2. Tentukan Style Rambut Yang Anda Inginkan

Setelah Anda mengenali ciri-ciri kepala dan rambut Anda, tentukan perubahan dan style rambut seperti apa yang dapat membuat anda percaya diri dan terlihat menarik. Anda bisa bertanya pada keluarga atau teman Anda, terutama wanita.

Tanya apakah style rambut tersebut cocok dengan bentuk kepala dan tekstur rambut Anda. Tetapi hati-hati, saran mereka akan style rambut yang bagus karena mereka melihatnya cocok pada orang lain, belum tentu pada Anda.

Selain itu Anda bisa meniru style rambut selebriti dari foto mereka di majalah atau internet. Tetapi ingat, hanya tiru selebriti yang memiliki struktur wajah, bentuk kepala, tekstur dan ketebalan rambut yang mirip dengan Anda.

Atau mungkin Anda bisa mencukur habis rambut Anda (botak) jika memang cocok dengan bentuk kepala Anda. Sebagian wanita menyukai pria-pria botak, karena menurut mereka terlihat sexy.

Jika Anda tidak tahu siapa selebriti yang memiliki bentuk kepala serta tekstur rambut yang mirip dengan Anda, Anda dapat mengunjungi website ini:
Men’s Hair Style

Ada ratusan style rambut yang bisa Anda tiru. Pilih salah satu yang Anda suka namun bentuk kepala dan tekstur rambut yang sama dengan Anda.

3. Meminta Bantuan Seorang Hair Stylist / Expert

Jika salah satu tujuan Anda adalah ingin tampil menarik dan percaya diri di sekitar wanita, ini adalah hal mudah yang dapat Anda lakukan. Setelah mengetahui style seperti apa yang Anda inginkan, selanjutnya adalah meminta saran dan bantuan dari seorang hair stylist/penata rambut.

Tanya teman Anda yang memiliki style rambut menarik di mana hair stylist langganannya. Bawa guntingan atau cetak foto selebriti yang Anda ingin tiru style rambutnya. Kemudian tanyakan pada hair stylist apakah model tersebut cocok untuk Anda.

Atau Anda bisa mencoba demo dari software hair style berikut:
Virtual Haircut

Software ini cukup menarik, walaupun versi demonya terbatas hanya beberapa style. Jika Anda mendaftar keanggotaan, Anda dapat memasukkan foto Anda sendiri.

4. Coba dan Berani Ambil Resiko

Setelah mencari dan berkonsultasi mengenai style rambut Anda, sekarang saatnya Anda bereksperimen dan mencoba. Pergi ke salon dan potong rambut Anda sesuai yang diinginkan. Tiap salon pasti juga ada hair stylistnya seperti yang di sebutkan di atas.

Kebanyakan pria enggan ke salon karena takut di cap cowo metro sexual atau gay. Tidak usah malu pergi ke salon. Saran saya pergi ke salon terbaik, tidak masalah apabila agak sedikit mahal.

Apabila Anda telah mendapatkan style rambut yang cocok, foto dan cetak penampilan baru Anda tersebut. Selanjutnya Anda hanya perlu memeliharanya di kemudian hari di salon atau tempat potong rambut biasa.

5. Minta Masukan dan Saran Serta Terus Mencoba

Minta masukan kepada keluarga dan teman apakah style rambut Anda baik dan membuat penampilan terlihat lebih menarik? Suruh mereka bandingkan dengan penampilan Anda sebelumnya. Teruslah bereksperimen dengan rambut Anda guna mendapatkan style terbaik, Anda bisa mengenakan gel ataupun wax.

Ikuti kelima langkah ini untuk mendapatkan style rambut terbaik untuk Anda. Jika Anda mulai bosan dengan style tersebut, coba ulangi langkah tersebut untuk mencoba style lainnya.

-Que-

Tags : bentuk kepalafeaturedmodel rambutstyle rambut priatekstur rambut
Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

48 Comments

  1. Boleh juga nih sarannya.. tapi saya ada kendala nih, kalo misalkan bawa sepeda motor kemana-mana, kan pake helm tuh.
    Itu gimana ya? Padahal rambut udah rapi, sekali ditimpa helm, langsung berantakan deh.. T.T
    Mohon pencerahannya…hehehe… 😀

  2. @Tony: Ya saya juga sering bepergian mengendarai motor. Tony bisa bawa minyak rambutnya kemana pergi, ada yang kemasan ekonomis. Tetapi jika Tony tidak ingin repot, bisa kenakan wax dulu di rumah. Kemudian saat sampai di lokasi dpt di styling kembali hanya dgn membasahi pakai sedikit air.

  3. berhubung rambut saya makin rontok,, mending botak ajalah (faktor genetik juga sih),, biar botak syukuri aja,, malah kata sebagian cewek itukan sexy,, ehehe

  4. @jerone: thanks juga udah berkunjung
    @Kyt kereiro: segera bro, tunjukkan ke wanita kalau Anda menarik
    @Vel Equileus: ok, jgn takut mencoba
    @Gara:thanks sudah berkunjung
    @rully: seharusnya kerontokannya bisa di cegah bro. tapi jika memang mau style botak jg tdk masalah.

  5. Pingback: My Blog Title
  6. wew, nice n very important info.. Like it..
    Thanks..
    Btw gw ada masalah ne dengan rambut gw yg tipis, jika terkena air kulit kepada bisa kliatan.. ada yang tau cara/obat yang bisa nambah/numbuhin rambut yang efektif g?? klo bisa yg g ada efek samping. thx..

  7. @Rush: Thx sarannya bro.. lidah buaya udh gw coba, tp kynya g numbuh” tambah hitam dan berkilau iya.. hehe.. kemiri yg dibakar yh.. minyak kelapa bagaimana??

  8. wiih bisa sekalian share salon yang dimaksud tuh. kalo bisa yang tempatnya gak di keramaian. biar gak tengsin buat masuk ke salon itu.
    udah lama gak pede sama style ikal gua nih sob. mohon info dan pencerahannya.

  9. Kalau boleh diinfo dong alamat hair stylist yang ada di jakarta berikut harganya. Soalnya gak punya temen yang tahu hair stylist. Dan satu lagi, apakah di setiap salon sudah pasti ada hair stylistnya?
    Thanks

  10. saya mau tanya.
    model rambut apa yg cocok utk bentuk wajah yg panjang, dan rambut yg tebal, dan lebat?

  11. trimasakasih atas infonya. saya jadi tahu lebih banyak dan lebih baik tentang panduan gaya pria. ini yang saya butuhkan sejak dari dulu. karna jarang sekali ada di majalah dan webs lain.

  12. Saya mau berkonsultasi sedikit nih mas.

    Bentuk muka saya lebih seperti lonjong
    Rambut termasuk rambut tipis
    Tergolong rambut lemas juga, gak kaku.

    Saya dah nyoba style turun sama style berdiri.
    Dan saya rasa cocokan yang berdiri.
    Tapi kalo saya menggunakan style berdiri rambut saya sering turun dan berantakn sendiri, jadi keliatan ancur gara2 rambut saya ini lemas.

    Jadi lebih baik saya pake style berdiri apa style turun (kurang pas sebenernya)

    Terimakasih, mohon bantuanya.

  13. @Rifaldhi, Hyun Cun, Medi & Nurul Huda:
    Untuk merekomendasikan style rambut yang cocok untuk kalian agak sulit kalau tidak bertemu langsung. Sebaiknya di konsultasikan pada hair stylist di barber shop or salon.

  14. ini web membantu banget.. jarang loh ada web buat fashion cowok.. kalau kita gag pinter2 milih tema dan mencocokan kostum/style. bisa malu gila

  15. Kendalanya saya gak suka makai minyak rambut/wax karena muka saya yg cenderung berminyak. Gimana tuh sarannya? Sedangkan untuk menata rambut gitu perlu minyak rambut kan. Makasih :-)

  16. gan model kepala saya lonjong n rambut saya kaku n rmbut bgian dpan agak keriting, kira2 model rmbut apa yg ccok buat sya??? please d tnggu jwabanya…. :)

  17. Gan rambut saya lemas ga bisa berdiri tapi saya si lebih bagus berdiri saya mau coba make getsby wax tapi banyak temen2 yg bilang tar ubanan tuh bnr ga si gan?? Minta sarannya deh agar rambut berdiri

Comments are closed.