close
Tips

5 Kesalahan Grooming yang Tidak Disadari Oleh Pria

grooming-men

Rutinitas grooming adalah salah satu hal yang mungkin membosankan. Kegiatan ini selalu berulang-ulang dan membutuhkan perlakuan khusus. Menjadi pria dengan kualitas grooming yang baik tentunya tidak ada ruginya. Malah akan mendatangkan banyak peluang, baik itu dari bidang karir atau hubungan percintaan Anda.

Menciptakan rutinitas grooming yang baik tidak bisa dibentuk secepat membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan latihan, kebiasaan yang konsisten dan percobaan yang terus-menerus.

Tampil dengan memiliki grooming yang maksimal tidak hanya memberikan percaya diri yang luar biasa pada diri Anda, tetapi juga berpengaruh kepada orang terdekat di sekitar Anda. Mereka tentunya akan lebih terbuka dan tidak menganggap Anda sebelah mata pada saat bersosialisasi.

Anda mungkin memiliki daftar atau checklist pada rutinitas grooming setiap hari. Tapi terkadang faktor lain seperti rasa malas atau waktu yang sempit, tidak mencukupi Anda untuk melakukan itu semua. Jika memang itu terjadi, minimal hindarilah beberapa kesalahan grooming berikut.

Kesalahan Grooming #1: Bercukur Sebelum Mandi

men-shaving-after-shower-setelah-mandi-bercukur

Perdebatan mengenai kapan waktu yang tepat untuk bercukur memang tidak akan ada habisnya. Sebagian kalangan mengatakan setelah mandi, tetapi sebagian lainnya mengatakan sebelum mandi.

Tidak salah memang jika Anda bercukur sebelum mandi. Malah akan lebih mempersingkat waktu. Tapi jika dilihat dari segi manfaat, bercukur sebelum mandi lebih banyak memiliki poin positif.

  • Proses bercukur menjadi lebih nyaman. Pori-pori di kulit dan bulu-bulu halus Anda menjadi lebih beradaptasi saat dicukur.
  • Bulu lebih mudah dicukur dalam keadaan basah. Walaupun tanpa mandi bulu bulu juga terkena air, tapi intensitas lamanya bulu terkena air lebih baik setelah mandi.
  • Bulu menjadi lebih lembut sekitar 70% setelah mandi. Inilah yang menjadi salah satu poin penting kenapa sebaiknya mandi dulu sebelum bercukur. Ketika bulu halus anda menjadi lebih lembut, tentunya akan lebih mudah dicukur.
Baca Juga:  Pentingnya Aroma Tubuh

Kesalahan Grooming #2: Terlalu Berlebihan Pada Minyak Rambut

pomade-pakai-cara

Menggunakan produk minyak rambut seperti wax, gel atau pomade secara berlebihan dapat merusak rambut Anda. Setiap helai rambut Anda tumbuh sekitar 1/4 inci setiap bulannya.

Jika rambut Anda terlalu lama mengalami kontak langsung terhadap kandungan kimia yang Ada pada minyak rambut, dapat mempercepat kerontokan rambut dan menghambat siklus pertumbuhannya.

Kesalahan Grooming #3: Penggunaan Parfum Tidak Sesuai Acara dan Sangat Menyengat

too much perfume

Pernahkan Anda menjumpai seseorang yang sangat menyengat aroma parfumnya? Menggunakan parfum secara berlebihan sama sekali tidak memberikan kesan grooming yang baik, malah akan mengganggu orang sekitar.

Penggunaan parfum yang baik adalah ketika aromanya hanya tercium sekitar 80-100 cm saja. Jika lebih dari itu, sudah dipastikan penggunaannya terlalu banyak.

Ada baiknya menggunakan parfum sesuai dengan acara yang akan di hadiri. Penting bagi Anda untuk memiliki beberapa macam parfum dengan aroma yang berbeda.

  • Parfum di siang hari– Pilihlah parfum yang beraroma ringan dan segar.
  • Parfum di malam hari – Pilihlah parfum dengan aroma keras dan kuat.
Baca Juga:  Grooming Anda Adalah Segalanya

Kesalahan Grooming #4: Abai Dengan Kotoran Kecil yang Mengganggu

Walaupun ukurannya kecil, tapi dampaknya bisa sangat besar terhadap penampilan Anda, apalagi pada kesan pertama Anda. Tidak mudah memang mempertahankan penampilan secara konsisten. Tapi minimal hindarilah beberapa bentuk kotoran kecil yang mengganggu ini,

  • Ketombe di pundak Anda. Sulit untuk menyadari apakah detik itu juga ada ketombe atau tidak. Kebanyakan lawan bicara Anda hanya akan diam dan sungkan untuk menegur, kecuali teman baik atau pasangan Anda. Tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa pundak Anda, “jaga-jaga” jikalau nanti si ketombe tiba-tiba berserakan tak teratur di pundak Anda.
  • Kuku tangan kotor. Tidak bisa diragukan lagi, hal ini adalah salah satu pembuh instan kesan pertama Anda. Jagalah selalu kuku Anda dari kotoran dan potong secara teratur.
  • Gigi yang berkarang. Percuma Anda menggunakan produk penghilang bau mulut tetapi kerak kuning dan karang pada gigi tidak diperhatikan. Dengan tidak adanya kotoran berkerak pada gigi, Anda akan lebih percaya diri pada saat tersenyum.
Baca Juga:  9 Tips Agar Tidak Perih Saat Mencukur Kumis dan Janggut

Kesalahan Grooming #5: Bau Kaki

smelly-shoes-odor-feet

Kebanyakan orang mungkin fokus pada bagaimana menghindari bau badan dan bau mulut. Tapi mungkin abai pada bau kaki. Letaknya yang jarang terlihat pandangan mata, kebersihan kaki terkadang lepas dari perhatian.

Tidak hanya bau badan, bau pada kaki juga sangat mengganggu. Anda pasti sering mengumpat dalam hati ketika bertemu seseorang yang memiliki bau kaki sangat parah. Tentunya umpatan itu tidak mau balik lagi ke Anda bukan?

Maka dari itu, mencegah kaki dari bau adalah salah satu grooming yang perlu Anda perhatikan. Bau pada kaki bisa terjadi karena akumulasi kotoran pada sepatu, kaus kaki dan kaki Anda. Jadi pastikan ketiga bagian itu selalu bersih dan tidak berbau.

 

Tags : groomingminyak rambutparfumpemula
Ringga Ali

The author Ringga Ali

Leave a Response