close
Tips

Jenis-Jenis Setelan Jas Dan Penggunaannya

Mens-Suits

Seperti yang sudah di ketahui, jas adalah salah satu pakaian wajib untuk pria. Jas/setelan jas (bahasa inggris: suit) sebenarnya merupakan pakaian resmi model eropa yang setidaknya terdiri dari jas dan celana celana panjang yang di buat dari kain dan warna yang sama. Jas harus di pakai di luar kemeja. Di Inggris, jas juga di kenal dengan jacket.

Berdasarkan jumlah baris kancing di bagian depan, jas di bagi menjadi single breasted (kancing sebaris) dan double breasted (kancing dua baris). Sedangkan berdasarkan jumlah belahan/potongan pada bagian belakang, jas terdiri atas single vent dan double vent.

single & double breasted suits

Single Breasted atau Double Breasted?
Setelan jas single breasted adalah pilihan default suatu jas. Sedangkan jas dengan double breasted memang terlihat lebih gagah dan stylish tetapi tidak cocok untuk Anda yang bertubuh pendek atau berbadan besar.

Jumlah Kancing

Sebagian banyak jas yang di buat oleh rumah mode atau penjahit, umumnya berkancing dua. Jas yang berkancing 3 lebih cocok untuk Anda yang bertubuh tinggi. Jika Anda bekerja di bidang kreatif atau lingkungan kerja Anda tidak terlalu konservatif, Anda dapat mengenakan jas berkancing satu.

Saya Lebih Cocok Single Vent kah?

Vent atau belahan pada bagian belakang berfungsi untuk memudahkan bergerak. Jas dengan double vents awalnya merupakan model Eropa, memudahkan kita untuk mengambil dompet di kantong belakang tanpa harus melipat jas. Untuk Anda yang bertubuh pendek, jas double vents adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk Anda yang bertubuh tinggi dan kurus, lebih baik memilih jas dengan single vent atau tanpa vent.

Vents Suit

Anda pasti juga pernah mendengar tuksedo, yaitu setelan jas resmi berwarna hitam dengan bagian belakang berbuntut, harus dikenakan dengan kemeja putih kerah sayap (wing collar) dan dasi kupu-kupu atau bow tie. Bila dalam undangan disebutkan kode busana black tie, maka Anda diminta memakai setelan ini.

Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

20 Comments

  1. Wow, baru pertama kali masuk web ini. Sangat informatif dan inspiratif. Saya habiskan berjam2 menilik semua artikel nya. Keep up the good work bro!!

  2. Bgmn membedakan penjahit (tailor) yg ngerti mode dan ngga? Apa ada bidang profesi khusus?
    Thxs

  3. Typically this style was made with jetted pockets and no vents but Bond’s suit is Anglicised with flapped pockets and double vents. There are 3 buttons on the cuffs. The peak lapels on this suit are fairly narrow for a double-breasted suit, and both lapels have a buttonhole. The cut overall has a natural shoulder and somewhat draped chest. The suit trousers have a plain front and plain bottoms.

  4. saya pria berpostur tinggi 178 cm, berat 62kg dan berkulit gelap, saya masih bingung membedakan tuxedo dengan setelan jas, saya akan menikah jenis setelan apa yang cocok saya gunakan pada saat menikah nanti, warna dan dalaman apa yg cocok untuk jenis postur dan kulit saya? mohon pencerahan terima kasih

  5. @Lodewik:
    First, congrats bro buat acara pernikahannya nanti.
    Perbedaan mencolok dari tuksedo di bandingkan jas adalah lapel kerah yang terbuat dari bahan satin, umumnya memiliki buntut. Selain itu tuxedo harus di kenakan dengan kemeja kerah wing dan bow tie.

    Tuxedo lebih formal di bandingkan dengan jas.
    Mengenai mana yang harus Anda kenakan, itu adalah selera Anda πŸ™‚

  6. Min, mw tanya tentang memadukan warna.
    Gw abis beli Jas warna silver abuabu gitu
    nah, gw punya kemeja abuabu, tapi berbeda warna abuabunya
    lalu gw punya celana krem
    dan sepatu boots coklat muda
    itu pas ga memadukan warnanya ?
    rencana buat acara pernikahan gw pake nya
    thanks before min

  7. Bukan pernikahan sendiri kan bro?
    Abu2, di padukan krem n coklat msk bro.

    Tp ,mgkn kalau mau lebih rapi, jacket dan celananya senada, trus kemejanya yg warna krem.

  8. wah artikel yang bagus .
    tentang cara pakai jas
    mau tanya bro ??
    saya punya jas warnanya biru Tua ada garis garis putih pasangan celananya rusak bolong kena Rokok Teman . jasnya masih bagus
    nah masalahnya celana saya kebanyakan warna hitam polos …. kira kira masuk ngak bro kalau dipadukan celana hitam polos .
    terimakasih

  9. min, gue mau ada acara table manner nih, mesti pake setelan jas , postur tinggi gue 170cm berat 67kg, berkulit gelap . nah gue punya jas warna hitam single breasted sama single vent,celana bahan hitam. cocoknya dipaduin pake kemeja sama dasi warna apa ya biar pas ?.thanks.. butuh pencerahan

  10. Hitam itu sebenarnya bisa di padukan dgn warna apa saja. Tetapi table manner itu acara formal, terlalu beresiko kalau kita bereksperimen dgn style. Jika Anda bosan atau takut di bilang kaku jika memakai kemeja putih, cobalah warna kontras lain namun lembut.

  11. Informatif artikel πŸ™‚

    Mohon sarannya dong,,saya ingin buat jas pria warna hitam yg formal untuk wedding saya sendiri,,kira2 yg terbaik vent,kancing,lebar kerah,vestnya seperti apa yah? makasih,,, saya tinggi 170cm,,berat 95kg

  12. urgently need advice n recommendation tailor !
    mo merit 2 bln lg haha …
    lom pnya jas …
    rncana bikin aja biar jatohnya body fit n custom
    mau semi tux rncana ada pake bow tie utk mlm n dasi biasa utk sorenya.
    warna pgn abu2 or hitam sih, ada saran abu2 kyk mn yg bagus utk warna kulit sawo matang
    tinggi 170 , berat 77
    bth spatu formal jg …

  13. Min, mau tanya nih.
    Saya tinggi 170 cm bb 56 warna kulit sawo matang. kalo untuk merit pengennya pake setelan jas dan bawahan putih. itu cocok gak ya? terus pengen di paduin dengan rompi tapi gak mau pake dasi kupu2, maunya dasi biasa aja, yang cocok warna apa ya untuk kemeja, rompi dan dasi nya?
    Terus untuk sepatu bagusnya di buat senada putih juga or ada alternatif lain? Terimakasih sebelum nya. πŸ™‚

  14. Min, saya mau tanya, kira2 dasi warna apa yang cocok untuk setelan kemeja merah polos dan jas hitam?

Comments are closed.