close
Tips

Dress Shoes Dan Jenis-Jenisnya

Dress Shoes

Sebelumnya sudah dibahas 3 Sepatu yang wajib pria miliki. Kali ini saya akan membahas tentang Dress Shoes. Biasanya yang populer di kalangan orang Indonesia adalah sepatu Pantofel. Sekarang saya mau kasih tahu satu rahasia…

Pantofel adalah jenis terburuk dress shoes buat seorang laki-laki, bahan kulit sintetis yang sangat kentara dan ujung sepatu yang kotak tidak meng-compliment silhoutte baju Anda. Jadi sekarang upgrade lah sepatu formal Anda, tetapi pertama-tama kenali dulu jenis-jenis dress shoes ada apa saja.

Nah tadi disebutkan pantofel itu bermodel slip on, ada apa saja sih jenis-jenis dress shoes itu?

Dress shoes

Dress shoes adalah sepatu yang biasanya dipakai untuk acara smart casual (semi formal) sampai formal. Dress shoes pria biasanya berwarana coklat atau hitam, namun ada banyak warna lain seperti burgundy, oxblood, chestnut, cordovan dan putih. (Cordovan dan Oxblood cukup populer di Amerika Serikat). Sepatu ini biasanya terbuat dari bahan kulit.

Adapun bentuk-bentuk dasar dari dress shoes adalah:

A . Oxford (Balmoral)

Sepatu model ini menggunakan tali untuk mengencangkan sepatu dimana bagian kulit tempat tali sepatu dijahit dibawah bagian toe.

B. Bluchers (Derby)

Hampir sama dengan Oxford, namun bagian tali sepat dijahit diatas bagian toe, perlu diperhatikan banyak sekali penjual di internet yang mengatakan blucher sebagai Oxford. Ini adalah kesalahan cukup fatal, karena Blucher dipandang lebih informal dibanding Oxford. Dan Blucher tidak bisa dipadukan dengan tuxedo, berbeda halnya dengan oxford.

Untuk lebih jelasnya perbedaan Oxford dan Blucher bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

C. Monk/Monkstrap

Sepatu model ini tidak menggunakan tali, namun menggunakan semacam strap untuk mengencangkan sepatunya.Terdapat model sepatu yang memilik 1 strap atau 2 strap, dengan berbagai variasi model. Model ini sangat jarang terlihat di Indonesia, dan jika Anda menggunakannya pasti akan jadi perhatian wanita.

Brown Monkstrap Shoes

Brown Double Monkstrap

D. Loafer/Slip On

Model sepatu ini tidak menggunakan tali maupun strap untuk mengencangkan sepatunya. Ada beberapa macam jenis loafer klasik yang populer, beberapa diantaranya:

Dress: Model ini adalah model stander loafer.

Penny: Salah satu model loafer yang cukup populer, nama penny sendiri sebenarnya dikarenakan pada bagian lubang kecil di atas sepatu biasanya oleh bangsawan jaman dulu ditaruh koin 1 penny.

Tassel: Model lain yang cukup populer dan dekoratif, ciri khasnya adalah sebuah hiasan yang menggantung di sepatunya

Bit: Model loafer yang satu ini memiliki ciri khas sebuah logam yang ditaruh seperti di gambar.

Nah setelah mengetahui bentuk-bentuk dasar dari dress shoes, ada satu hal lagi yang membuat dress shoes begitu unik, (dan terkadang cukup membingungkan) yaitu brogue atau hiasan. Lebih jelasnya, mungkin anda pernah melihat sepatu seperti dibawah ini:

Sepatu diatas adalah sepatu Blucher (ingat bukan Oxford ya) dengan Wingtip Brogue, namun sebenarnya masih ada jenis lain dari hiasan-hiasan ini, diantaranya:

A. Full Brogues (Wingtip)

 

 

 

 

 


Ini adalah model seperti gambar sebelumnya, memiliki ciri khas toecap yang berbentuk seperti sayap dan memiliki hiasan lubang2.

B. Semi Brogues (Half-Brogues)

 

 

 

 

 

 

 

Model ini mirip dengan Wingtip, namun bedanya hiasan hanya berbentuk lengkungan saja seperti gambar diatas atau dikenal sebagai Cap Toe.

C. Quarter Brogues

 

 

 

 

 

 

Model sepatu ini memiliki cap toe namun tidak memiliki hiasan lubang seperti model Brogue lainnya, terkadang cap toe ini juga berbentuk seperti Wingtip.

Sekarang waktunya tes, coba bisakah anda memberi nama yang benar sepatu-sepatu dari fashionpria.com ini?

 

 

 

 

 

 

jawab: a. Black Plain Toe Bluchers | b. Brown Double Monkstrap

 

Nah sekarang sudah tau kan Model-model sepatu dress shoes, jadi ga ada lagi ke undangan pakai pantofel. Upgrade Dress shoes Anda!

 

-Prama-

Tags : dress shoesloaferoxford shoespantofel
Contributor Team

The author Contributor Team

Guest blogger & Contributor of Men Fashion & Style

10 Comments

  1. Mantap, akhirnya di publish juga 😀

    Kebetulan banget besok mau ngambil Longwing bluchers gw yang baru jadi 😀

  2. hemmmm, cuma kepingin seandainya beli seperti itupun mau diapakan tempatku jauh dari kota sedangkan lingkungan kami di kampung, dan kegiatan kurang kegiatan cuma di rumah haha nasib hidup di kampung…

  3. wow
    tapi dress shoes sperti yang d tunjukan pada gambar itu mempengaruhi formalitas gak sih ??

    atau kita tetap harus memadupadankan pada situasi dan kondisi

    kereeeeeen baget artikelnya

  4. @Jefry itu model Loafers bro, tapi bukan termasuk model klasik karena udah ditambahin strap. Yang di artikel ini gw cuma nyebutin model-model klasik aja.

    @moxxime, mocassin itu model kepala sepatu yang punya jaitan sehingga jadi mendatar. Seperti gambar Bit Loafer di artikel kira-kira. Namun dress shoes bertali tidak ada yang bermodel mocassin

    @indra, Terima Kasih 😀 sebenarnya tidak mempengaruhi formalitas model-model sepatu di atas. Namun khusus untuk TUXEDO sepatu yang digunakan harus Oxford/Balmoral baik polos maupun dengan broguing. Semua sepatu di atas juga dapat di DRESS DOWN dengan dipakai menggunakan Jeans atau Chinos. Asal jangan lupa di semir 😉

  5. bro, saya punya loafer warna putih nih.. cocoknya dipakai sama apa yah? warna jeans, belt, dan topnya? 🙂

    apakah beltnya harus putih juga?

Comments are closed.