close
Tips

Cara Merapihkan Facial Hair Anda dengan Trimmer


Janggut, jambang dan kumis merupakan suatu lambang maskulinitas tulen bagi pria. Banyak pria yang tidak bergenetik tumbuh jenggot mencari obat untuk menumbuhkan facial hair ini. Yap, genetik dan hormonal merupakan hal yang paling berpengaruh pada tumbuhnya facial hair Anda.

Janggut, jambang, kumis hingga bulu hidung yang tidak rapih justu menjadi pembunuh utama dalam hal ketertarikan. Maka dalam hal ini, Grooming anda merupakan segalanya.

Agar senantiasa terlihat maskulin dan menarik, janggut, jambang dan kumis anda harus terlihat rapih. Rapih disini maksudnya tidak selamanya harus dicukur habis biar klimis, tetapi dengan merawat dan merapihkan tumbuhnya facial hair ini dengan meratakannya (Trim).

remington-beard-trimmer

Remington Mustache & Beard Trimmers – Image by groomingguru

Oleh karena itu, ada baiknya anda mengetahui beberapa tips cara merapihkan facial hair dengan menggunakan trimmer yang saya kutip dari birchbox.com berikut ini :

Alat Grooming:

1. Trimmer berkualitas: untuk memangkas/meratakan
2. Sisir atau sikat: untuk menyisir
3. Gunting kecil tajam: untuk detailing
4. Oil Beard atau pelembab: untuk kelembutan dan kesehatan kulit

men-grooming-beard-trimming-tools-2

Cara Merapihkan :

1. Sisir janggut, kumis dan jambang yang akan di rapihkan: sisir semua bulu Anda kesatu arah (bawah). Sisir semua, termasuk kumis dan janggut bawah.

2. Gunakan trimmer untuk meratakan janggut dan jambang anda: Jika Anda ingin mempertahankan panjang jenggot, bisa gunakan trimmer dengan ukuran hasil trim setengah inchi atau sesuai selera Anda. Jika Anda tidak yakin tentang berapa panjang ideal jenggot Anda, bisa coba mulai dengan klip yang lebih besar dan turun perlahan hingga ke klip yang lebih kecil. Anda bisa mengatur sesuai keinginan ukuran untuk masing-masing panjang jangggut dan kumis.

3. Gradasi Leher dan Pipi: Bisa dilakukan gradasi untuk bagian leher dan pipi dengan pengaturan klip yang kecil ke yang besar dari arah luar.

4. Potong/Rapihkan kumis anda dengan benar: Sisir semua bulu ke samping, lalu trim dengan klip pada pengaturan yang diinginkan. Lalu sisir ke bawah, rapihkan dengan memangkas bagian yang menggantung dari kumis ke bibir.

5. Gunakan gunting untuk detailing: Rapihkan jika ada yang masih berantakan dan usahakan agar tampil lebih terlihat natural.

6. Gunakan pelembab minyak jenggot: Berguna agar rambut dan kulit rambut sehat lembab tidak kering juga terhindar dari iritasi.

Tips Tambahan :

1. Potong jenggot Anda ketika kering: Anda akan mendapatkan peraasaan yang lebih baik pada saat jenggot Anda sedang dalam kondisi bentuk yang terlihat natural/tidak dalam kondisi basah.

2. Berinvestasilah untuk Trimmer yang berkualitas: Karena akan memberikan potongan yang bagus, rapih serta jauh lebih tahan lama.

3. Jangan menganggap semua merek Trimmer memiliki panjang klip yang sama: Sama seperti layaknya pakaian, ukuran setiap merek sedikit berbeda. Selalu menguji pada klip yang lebih besar dahulu sebelum memakai klip yang diinginkan.

So, pernahkah trimm sendiri janggut anda? Silahkan bagikan pengalaman anda dibawah.. 🙂

Rob

The author Rob

Is Medical Doctor. Love fashion and music. Young Entrepreneur with passionate life. Talkative, Communicative and Creative.

4 Comments

  1. Ingin merapihkan jengot, tapi takut nantinya malah tambah lebat dan tebal.. ada solusi untuk itu? Agar jenggot tetap tipis,halus dan rapi

Leave a Response