close
Tips

3 Cara Bagaimana Menemukan Tempat Pangkas Rambut yang Cocok


Mencari tempat pangkas rambut yang cocok sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuan utama ke tempat pangkas rambut adalah agar gaya rambut kita terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Rambut Anda yang tadinya tidak menarik, diharapkan akan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Tapi terkadang, komunikasi kita yang tidak baik pada tukang cukur, membuat hasil potongan menjadi tidak bagus. Maka dari itu, Anda harus memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan tukang cukur, agar nantinya hasil potongan rambut menjadi seperti apa yang Anda inginkan.

Tidak semua tempat pangkas rambut memiliki standar yang sama. Apalagi di Indonesia, modelnya cukup banyak. Ada yang model keliling, tukang cukur bawah jembatan, ada juga yang berdasarkan etnis seperti seperti tukang cukur Madura, Sumatra, Asgar (Garut), dan lain sebagainya.

photo-tukang-cukur-bawah-jembatan
Tukang cukur bawah jembatan Jl. Dewi Sartika – Image by Guntoro87

Selain model pangkas rambut klasik di atas, bermunculan juga model pangkas rambut barbershop. Tempat dan pelayanan hampir mirip seperti model salon. Hanya saja, tempat pangkas rambut pria model barbershop lebih maskulin.

Apapun model tempat cukurnya, terkadang memilih tempat yang pas adalah masalah kecocokan pribadi. Belum tentu tempat pangkas yang modern akan menghasilkan potongan rambut yang oke.

Baca Juga:  Wanita Lebih Pilih Pria Dengan Brewok Tipis Atau Lebat?

Semua tergantung dari skill sang tukang cukur dan bagaimana komunikasi Anda pada saat menyampaikan gaya rambut yang Anda mau.

Terlepas dari itu semua, berikut ini adalah beberapa cara untuk menemukan tempat pangkas rambut yang cocok dan sesuai untuk Anda.

1. Definisikan keinginan Anda dengan detil

mencari-tukang-cukur-cocok-2

Keinginan yang dimaksud di sini tidak hanya gaya rambut yang Anda inginkan. Tetapi juga meliputi beberapa hal berikut:

  • Suasana tempat. Seperti apa atmosfir yang Anda inginkan. Apakah ruangan yang ber-AC? atau cukup di pinggir jalan dengan angin sepoi-sepoi? Apakah perlu ada TV dan majalah untuk menghilankan kebosanan saat mengantri? Mendeskripsikan detil suasana yang Anda inginkan sangatlah penting. Karena jika suasananya sudah cocok, pastinya akan membuat Anda nyaman.
  • Skill dan talenta tukang cukur. Tukang cukur yang bagus selalu dalam kondisi ramah dalam melayani pelanggan. Selalu melakukan kontak mata, tersenyum dan tidak acuh. Memberikan feedback setiap saat. Hati-hati dan tidak asal main “babat”. Percaya diri terhadap kemampuannya, tetapi tidak memaksakan pendapatnya. Silahkan definisikan tukang cukur yang Anda mau seperti apa. Minimal memenuhi kriteria yang telah kami sebutkan tadi.
  • Pelayanan. Definisikan standar pelayanan yang Anda inginkan. Apakah harus ada sesi “pijit”-nya setelah pangkas rambut selesai? Apakah haru ada creambath? Apapah perlu diberi minyak rambut setelah selesai? Bagaiamana tingkat kebersihannya? dan masih banyak lagi yang bisa di list untuk pelayanan yang Anda inginkan.
  • Harga. Setelah beberapa poin di atas sudah mendapatkan yang cocok, langkah selanjutnya adalah hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu menentukan harga. Berapa besar ongkos yang sanggup Anda keluarkan untuk pangkas rambut? Pada dasarnya, semakin Anda mencoba banyak tempat, nantinya akan ketemu dengan sendirinya tempat dengan kriteria yang Anda inginkan, dengan harga yang pas di kantong tentunya.
Baca Juga:  5 Inspirasi Gaya Rambut Undercut Aktor Hollywood

2. Jika sudah menemukan tukang cukur yang cocok, cobalah berulang kali pangkas rambut dengannya

Untuk menguji konsistensi dari hasil sang tukang cukur, cobalah 3-5 kali pangkas rambut dengan gaya rambut yang sama. Bandingkan hasilnya dengan yang lalu untuk mengetahui bagaimana perbedaannya.

Anda bisa memberikan foto hasil potongan rambut yang lalu, untuk membantu si tukang cukur mengingat kembali proses yang ia lakukan untuk membentuk gaya rambut tersebut.

Jika tidak berbeda jauh atau bahkan malah sama persis, jadikan ia tukang cukur “langganan” Anda. Pria yang benar-benar serius terhadap penampilan, setidaknya memiliki tukang cukur langganan yang berkualitas.

3. Keep hunting dan cobalah sebanyak-banyaknya tempat pangkas rambut di sekitarmu

mencari-tukang-cukur-cocok-3

Dengan semakin banyak mencoba, semakin banyak pula referensi tempat pangkas rambut yang Anda punya. Anda juga berpotensi bisa mendapatkan tukang cukur backup atau cadangan.

Baca Juga:  5 Cara Agar Tukang Cukur Mengerti Keinginan Anda

Sehingga ketika Anda sedang “ngebet” mau potong rambut tapi tukang cukur “andalan” lagi mudik atau berhalangan, bisa coba ke tempat tukang cukur backup yang Anda punya.

Jangan lupa untuk catat, foto dan dokumentasi tiap hasilnya. Berikan penilaian akan hasilnya. Hal tersebut memudahkan untuk memilih mana tempat pangkas rambut yang masih sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Di era digital media saat ini, tidak sulit untuk menemukan tempat pangkas rambut di sekitar Anda. Silahkan ketik dengan keyword tukang cukur/pangkas rambut/salon/barbershop + kotamu baik itu di Google, Instagram ataupun Twitter.

Mencari tempat cukur yang cocok memang membutuhkan waktu. Tapi percayalah, jika sudah ketemu minimal satu saja, manfaatnya cukup luar biasa bagi penampilan Anda.

Tags : barbershopgaya rambutgroomingpangkas rambutsalontips groomingtukang cukur
Ringga Ali

The author Ringga Ali

No Comment

Leave a Response