Tips Kesalahan-Berpakaian

Published on June 14th, 2010 | by Rush

48

Beberapa Kesalahan Berpakaian Pria

Sebagai pria yang aktif dan berkualitas sepertinya sudah menjadi kewajiban untuk memperhatikan penampilan. Setidaknya untuk first impression kepada orang lain, kita bisa lebih meyakinkan dan percaya diri ketika bertemu. Kebanyakan pria tidak seperti wanita yang senang dandan, bersolek, dan shopping. Mereka takut di bilang keganjenan, gay, cowok metropolis or whatever. Mereka ingin yang simpel dan tampil apa adanya. Menurut saya itulah yang menjadi penyebab kenapa banyak pria yang masih bermasalah dalam urusan fashion.Anda tidak perlu takut dengan segala penilaian negatif tersebut, selama Anda berpenampilan secara wajar, kasual dan tidak berlebihan tentunya Anda akan mendapatkan perhatian khusus.

Wanita juga sangat menghormati penampilan yang pria lakukan. Tak tanggung-tanggung mereka juga sering membahas penampilan pria yang mereka temui saat mereka hangout di cafe, mal atau public area lainnya.

Pada umumnya wanita juga menyukai pria yang bersih, terlihat modis, dan pandai bersosialisasi. Anda hanya akan bermimpi jika menginginkan wanita yang modis namun Anda sendiri tampak amburadul / bermasalah dalam berpakaian.

So, jika Anda ingin membeli baju atau pakaian lainnya, minta tolonglah kepada teman wanita Anda untuk memberikan saran pakaian apa yang bagus untuk Anda. Karena pada umumnya wanita lebih mengerti dalam urusan fashion ketimbang pria.

Berikut beberapa kesalahan berpakaian (fashion mistake) pria:

1. Pakaian kebesaran/ longgar dan tidak pas di badan

Baju Longgar

Baju yang longgar / kebesaran hanya cocok di pakai di rumah untuk bersantai. Janganlah Anda gunakan pada waktu berpergian ke tempat resmi, hangout, cafe dll. Kecuali jika memang Anda ingin sekali terlihat seperti orang-orangan sawah.

2. Memakai dasi dengan baju lengan pendek

Dasi dengan lengan pendek

Akan lebih baik jika Anda mengenakan dasi dengan baju lengan panjang. Dasi dengan baju lengan pendek terlihat seperti orang kelas bawah, atau rocker yang ingin konser.

3. Sepatu kotor

Sepatu Kotor

Tahukah anda, bahwa wanita sangat sensitif dengan kebersihan dan kerapihan? Mereka akan mengetahui Anda bersih atau tidak dengan cepat hanya dengan melihat sepatu Anda. Pastikan sepatu Anda bersih mengkilap sebelum keluar rumah.

4. Sepatu berkerut

Sepatu Berkerut

Usahakan memiliki beberapa pasang sepatu untuk menjalankan aktifitas Anda. Sepatu berkerut akibat sepatu Anda sering digunakan tanpa istirahat. Setidaknya jika Anda memiliki beberapa sepasang sepatu, sepatu akan awet dan tahan lama.

5. Celana kepanjangan

 

Celana yang kepanjangan hingga menyentuh tanah dan menyeret-nyeret, ada baiknya untuk di potong. Atau jika tidak sempat lipatlah bagian yang kepanjangan tersebut.

6. Pemilihan warna kaus kaki yang salah

Warna kaos kaki tidak serasi

Samakan warna kaus kaki yang anda kenakan dengan warna celana Anda, bukan pada sepatu. Itu akan terlihat lebih baik dan serasi.

7. Pemilihan warna sabuk / belt / ikat pinggang

Pemilihan sabuk/Ikat pinggang

Samakan warna ikat pinggang yang Anda kenakan dengan warna sepatu. Jika ikat pinggang Anda mengkilap, pastikan sepatu anda juga mengkilap.

8. Baju berkancing, dengan semua kancing tertutup

Kancing Tertutup

Jelas jika Anda melakukan hal ini, anda akan terlihat seorang yang tertutup dari segi psikologis. Pastikan minimal ada kancing terbuka satu dari semua kancing yang ada. Kecuali jika Anda mengenakan dasi.

9. Kaos kaki yang tidak cukup panjang

Kaos kaki kurang panjang

Anda tidak ingin semua bulu kaki Anda terlihat bukan? Apalagi ketika Anda duduk dengan kaki menyilang. Pastikan panjang kaus kaki Anda setinggi betis. Jangan kurang dari itu.

10. Pakaian kusut

Baju Kusut

Bukan berarti Anda harus membawa setrika kemanapun Anda pergi. Usahakan ketika Anda membeli pakaian, pakaian tersebut tidak mudah kusut.

11. Memakai terlalu banyak warna

Terlalu banyak warna

Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel tentang tips fashion pria, batasi masing-masing pakaian Anda dengan maksimal tiga warna atau nuansa yang terkoordinasi untuk menjaga pandangan

Sering berada dimanakah kesalahan berpakaian anda? Tidak ada salahnya jika mulai detik ini Anda mulai bergegas untuk memperbaiki cara berpakaian Anda.

-Rush-

Tags: , ,


About the Author

is netizen, blogger, and author of this blog. Always happy to share anything which can inspire people. Kind of person who love and support local product.



48 Responses to Beberapa Kesalahan Berpakaian Pria

  1. Damon Ace says:

    Gw sering di masalah “sepatu kotor” n “sepatu berkerut”

    Bingung juga, semwa kegiatan gw selalu gw pake sepatu,
    apalagi soal berkerut, gw ngeh juga seh itu agak turn off.
    yah paling yang bisa gw usahain seh ‘sepatu andalan’ gw yang jarang gw pake, cuma bwat momen yang perlu ganteng abis :D

    Kalo sepatu kotor, anjritt terus terang gw agak males soal ini. Emank ga terlalu kotor seh, tapi bagian bawahnya (gw pake model sneakers) tuh selalu keliatan ada kotoran gitu, nasib biker di cuaca taik sekarang lah pokoknya.

  2. red says:

    wah mantap2 nih tipsnya. Cool!

  3. Rush says:

    @Damon Ace
    Yap, itulah masalah yang sering terjadi. Kita seringkali malas dan tidak peduli dengan penampilan kita. Klo memang sehari2 sering menggunakan sepatu, hmmm, ada baiknya jika anda membeli beberapa sepatu lagi, tidak perlu mahal yang penting masih cocok digunakan.

    Jika anda memang sering berkendara motor, masalah utama terjadi jika jalanan becek dan hujan. Anda bisa mengakali dengan membawa sepasang sendal untuk anda gunakan jika jalanan becek. Namun jika anda malas, yaa terpaksa anda harus hati-hati dalam berkendara untuk menghindari jalanan yang becek.

    @Red,
    Thx, silahkan dinikmati. :D

  4. Deka says:

    saya sich gak terlalu memperhatika soal berpakaian saya kecuali dalam kepepet dan tertentu aja. misalkan mengejar target sasaran atau ikut kompetisi bareng anak2. kalo lagi gak mut masa bodoh lah, mau dibillang apa juga. Dan satu hal lagi saya emang gak suka beli pakaian sendiri dari dulu sampe sekarang, lebih suka minta beliin amat yang bening-bening. hahahahahha Just My Opinion.

  5. ane bantu share ke facebook yaq

  6. Rush says:

    terima kasih., sobat!

  7. Rush says:

    terima kasih., bung Minosian Hitchen

  8. lifehacks says:

    very inspiring, sangat menarik

  9. Ristogen says:

    kapan kita berpakain yang amburadul dan tidak formal untuk melampiaskan emosi kita?tapi tetap keren

  10. Rush says:

    Klo anda suka musik., bisa saja anda lampiaskan emosi anda di panggung., ataupun di dalam studio., :D

  11. myblog4famouser.com says:

    berarti anak sekolah yang berdasi kampungan dong? Coz, seragam sekolah kan pendek lengannya.

    Sent from my mobile using FeedM8

  12. Rush says:

    tentunya tidak demikian bro., ruang lingkup disini adalah para pria dewasa dalam mengenakan busananya di dalam lingkungan sosial yang terbuka. Bukan lingkungan tertentu seperti institusi sekolah.

  13. adhen2010 says:

    mantap…. makasih ilmunya… :)

  14. dani sukma says:

    mau berguru nih (telat sadar)

  15. sugiarto says:

    wuihhh tipsnya keren2…..salam kenal,boz…

  16. Bascom says:

    Yap, setuju, Gan. Perlu etika berpakaian yang baik untuk mengaet wanita.

  17. Kyt Kareiro says:

    article yg sangat membantu bro, akhir2 ini gw emang lagi fashion upgrade, gw sih sering ada trouble di sepatu yg kotor, maklum biker apa lagi di cuaca yg…ah… eh, iya gw minta tips nih gimana fashion bwt org yg kurus men ?

  18. wah mantap tipsnya saya coba dulu ah biar kelihatan keren

  19. redrhapsodee says:

    tergantung tampang juga bro, klo pake semua atribut yang kumal tapi tampang kya Orlando Bloom ato Brad Pitt – mereka juga sering maen film dengan tampang kotor tp ttep aja keren!!!

    gw sih ga suka ya liat cowo yg bersiiiihhhh gtu hahaha…kurang hott

  20. indra says:

    Mantepp…. kayaknya lain kali ketemu klien mesti perbaikin diri deh gw. Penampilan gw cukup berantakan soalnya. hahaha…

  21. maRio says:

    wah nice tips nie…

    mantap

  22. Que says:

    @Kyt Kareiro: Kami sudah menulis artikel baru yang berjudul Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

    @redrhapsodee: Tentu beda sis karena mereka seorang superstar yang telah mempunyai image yang baik. Lagipula saat maen film, penampilan mereka pasti di tangani fashion stylist yang handal.
    Kita sering melihat orang biasa yang tampangnya super ganteng, tetapi ilfil dengan penampilannya yg urakan :)

  23. Thanks untuk articlenya.

  24. Yayanyeyen says:

    nice info!
    btw ada g saran berpenampilan buat para pegawai kantoran yg berseragam? keren tapi g lebay,pliss ;)

  25. Rush says:

    Untuk hal itu blm ada bro, tapi nanti kita coba bahas, biasanya klo seragam kantoran itu ukurannya gak selalu pas dengan badan. Coba anda custom lagi ke taylor/tukang jahit terdekat.

  26. reymon says:

    saya senada dgn yg numb 1 .tips berpaian dong .umur 20th .takut ketuaan klo slh make pakean,trutama klo lg d kampus .
    thx

  27. ata says:

    kita harus merubah persepsi berpenampilan bukan hanya untuk memikat cewek atau untuk mengejar target. penampilan juga menunjukan keperibadian manusianya jadi berpenampilan jadikan sebuah kebiasaan dengan sendirirnya nanti akan diikuti dengan perubahan gaya hidup yang akan mempengaruhi keperibadian menjadi manusia yang bergaya uberseksual

  28. denny says:

    kalau pria memakai T-shirt tapi yang model kerahnya lebar sampai sebagian dadanya kelihatan itu cocok ga buat penampilan pria atau terkesan seperti wanita. tks

  29. Fresnel says:

    Saya kadang menggunakan baju kebesaran …
    Karena dari pada kekecilan mending kebesaran … :)
    Selain itu, baju kebesaran lebih membuat tubuh saya berisi (postur kurus)
    Thanks

  30. prap says:

    mantap nich tipsnya…
    minta tips donk buat temen aq nich,kasian dia klihatan lucu dalam berpenampilan,soalnya dia cowok yg tubuhnya memanjang tapi kakinya agak pendek,
    trims…:-)

  31. reni says:

    brrroooooo kalooo priiiaaaa emankk terlihat lebihhh seksiiii untuk pakaiaaaannn ketat taaa briooo tapi biaasanya cowokkku pakee oakaiaan longggaar tapi kok teteo keren yaaaa broooo mungkin gantengya kali yaaaa … Penjelasanyaaa yaaa broooo di tunguuu

  32. tamarin says:

    gw gak lihat merek apa yg gw beli, apa yg gw pake pas n nyaman di gw, fashionable boleh, tapi jg ikut-ikutan gaya orang lain kalo gak mau jadi fashion victim,,,,,,, IT’S NOT ABOUT THE CLOTHES YOU WEAR, IT’S ABOUT HOW YOU WEAR THEM !

  33. Ahsan says:

    setuju gan. Memang sebagian besar seperti itu. Tapi masih ada minoritas-nya yang nggk seperti itu,,

  34. rematta says:

    Good Article
    gua mw nanya gan, kalo misalnya yg kita pakai jeans berwarna biru apakah kaus kakinya harus berwarna biru juga ?
    Thanks before :)

  35. Rush says:

    Aturan itu sebenarnya khusus untuk acara formal dengan celana bahan. Untuk jeans bisa bebas, asal sepadan dan tidak terlalu mencolok.

  36. collector says:

    kak, tanya. kok pakai dasi tidak boleh mengenakan pakaian pendek kenapa ya?

  37. Dodon says:

    thx pencerahannya……..selama ini saya menggunakan sepatu hitam untuk ke kantor dan coklat untuk hang out karena saya suka pake jeans dipadukan dengan atasan kaos plus cardigan tapi saya lebih suka baju di masukin kedalam, menurut isteri saya lebih pantas kalau baju di keluarkan ( jeans + kaos), tinggi saya 160 cm berat 70 kg (gendut pendek). mohon masukan……

  38. Drian says:

    Bru, sadar ada kesalahan sedikit ha” ….><''

  39. Undressed says:

    Keren bangetz bro, ini bener2 membuka pikiran saya soal berbusana sebagai seorang pria. Mungkin ada yang kurang dari blog yang sefenomenal ini, sebaiknya fashionpria.com juga memberikan layanan shopping cart juga, untuk mode2 trendy pakaian pria masa kini. Bakal laris manis..

  40. Rush says:

    @udressed kita sudah ada kok bro, ada di fashionpria.com/store :)

  41. Doni says:

    kalau saya memang sering punya masalah dengan baju kusut, paling malas kalau harus nyetrika dulu

  42. Arsan says:

    Nice info gan!

    Mau tanya ni, style untuk acara perpisahan.
    Klo jas warna biru, bagusnya kemeja, celana, dan sepatunya warna apa?
    Dan klo jas hitam juga bagaimana?

    Thanks.
    Waiting info :)

  43. Tegar says:

    dasi dengan baju lengan pendek itu sering dipakai pilot juga lhoh.. setidaknya skrg lagi ramai2 musibah SSJ100, klo ada pilot diwawancarai biasa pake itu

  44. jasa keren says:

    untuk bagian yg baju yang berkancing apa memang harus dihubungkan dengan psikologi min ?

  45. Rio says:

    mau tanya niih ,, gan.. tips memilih jeans utk cowok yg tidak mempunyai tinggi ideal .. soalnya sya sllu beli jeans itu sllu hrs dipotong dulu ^^
    good artikel..

  46. Ariiq says:

    Terima kasih tips-nya

  47. obatobat says:

    Pria ya harus kelihatan maskulin donk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑