close
Tips

Apakah Bisa Tampil Menarik Dengan Jeans Belel?

Celana Jeans Belel

Punya celana jeans kesayangan yang robek karena dimakan usia atau? Warnanya sudah pudar karena sering salah cuci? Tak perlu khawatir, celana jeans belel atau sering disebut distressed jeans sepertinya akan selalu kembali menjadi tren, jadi simpan baik-baik jika Anda sudah memilikinya.

Masih ingatkah masa-masa kuliah ketika Anda memakai celana jeans layaknya seragam harian? Meski bukan lagi anak kuliahan, sah-sah saja memakai jeans untuk bepergian, bahkan yang belel sekalipun.

Nah, di sinilah keahlian Anda memadu-padankan pakaian diperlukan. Memakai jeans belel bisa banyak menimbulkan output. Bisa jadi keren, bisa compang-camping ala kadarnya atau bisa seakan-akan Anda menyangkal usia demi ingin terlihat seperti anak kuliahan.

Memadukan jeans belel yang sudah apik pun akan rusak, jika jeans tersebut kotor dan berbau tidak sedap karena Anda tidak menambahakn deterjen berkualitas sesuai takaran yang dianjurkan ketika mencucinya.

Tips memakai jeans belel

Yes:

  • Cukup satu item saja yang belel – Hanya karena jeans Anda belel tidak berarti atasan, sepatu, dan aksesori lain perlu ikut-ikutan belel. Padukan dengan atasan, sepatu, sabuk, atau topi yang masih bagus tanpa sobekan atau warna memudar. Jadikan jeans Anda pusat perhatian hari itu.
  • Padukan style secara kontras – Padukan jeans dengan pakaian atau aksesoris lain yang terlihat rapi atau semi formal. Pilih kemeja lengan panjang dan bagian bawah kemeja dimasukkan rapi. Kenakan sabuk serta sepatu semi formal. Coba kombinasikan dengan jas semi formal untuk acara sore atau malam. Jika mengenakan jaket blazer, ujung bawah kemeja bisa dibiarkan di luar celana.
  • Gabungkan dengan yang polos atau simpel – Pilih atasan polos atau bermotif simpel agar keseluruhan penampilan tidak terlalu heboh dan fokus tetap pada jeans. Jika memungkinkan, pilih warna senada untuk tas, sabuk atau sepatu.
  • Pakailah secara pas – Pilih ukuran jeans yang pas, jangan terlalu ketat atau kepanjangan hingga bagian tumit terinjak. Jika jeans Anda berubah bentuk atau menjadi longgar secara permanen karena usia, coba rombak di tukang permak jeans agar ukurannya kembali pas badan.
Baca Juga:  Beberapa Fashion Yang Wajib Dimiliki Pria

No:

  • Pakaian atasan juga belel – Kecuali Anda ingin tampil compang-camping secara keseluruhan, hindari atasan belel penuh robekan dengan warna pudar di sana-sini.
  • Motif dan warna terlalu ramai – Jeans belel Anda adalah bintang utama hari ini, jangan alihkan fokus dengan mengenakan kemeja Hawai atau atasan rangkap dengan motif dan warna berbeda.
  • Full aksesoris – Sekali lagi, jeans belel Anda adalah fashion statement Anda hari ini, tak perlu lagi dicampur-aduk dengan rantai pinggang, topi baseball, jaket kulit, dan tali sepatu yang berbeda warna.
  • Model jeans yang melorot – Jeans kedodoran yang dipakai melorot dengan sebagian celana dalam mengintip di pinggang justru mengaburkan fokus penampilan Anda. Lagi pula gaya seperti ini sulit dibilang keren.
celana jeans belel pria jeans rusak celana jin

Style Inspiration – Image by: thejeansblog

Perawatan Jeans Belel

Baca Juga:  Beberapa Fashion Yang Wajib Dimiliki Pria

Entah jeans Anda belel karena usia atau karena Anda sengaja membeli model distressed, satu kelemahannya adalah rentan rusak. Pada bagian yang robek, serat kain mudah sekali terurai. Belum lagi warna yang masih bisa memudar.

Jika kondisi jeans sudah seperti apa yang diharapkan, Anda tentu tidak ingin membuatnya terburai lebih parah.

Berikut adalah tiga tips merawat jeans belel:

  1. Karena bahan jeans relatif tebal dan kaku, mesin cuci akan meringankan tugas Anda. Pilih pengaturan yang sesuai pada mesin cuci dan balik jeans untuk mencegah pemudaran warna. Gunakan deterjen berkualitas, akan lebih baik jika Anda memilih deterjen cair khusus untuk mesin cuci. Pilih siklus cuci paling pendek dengan air biasa dan angin-anginkan jeans untuk mengeringkannya.
  2. Jika Anda nekat mencucinya memakai tangan, gunakan air biasa dan deterjen lembut. Kucek atau sikat secara ringan.
  3. Jika terkena noda, cuci bagian tersebut segera. Jangan tunggu jadwal mencuci berikutnya.
Baca Juga:  Beberapa Fashion Yang Wajib Dimiliki Pria

Selamat bergaya keren dengan jeans belel!

Tags : belelcelanajeansrobekrusak
Ady Nugroho

The author Ady Nugroho

Contributor of fashionpria.com blog

1 Comment

Leave a Response