close
Tips

7 Tips Dan Fakta Seputar Grooming dan Rambut Pria

grooming facts and tips

Saya teringat akan Film “Coblos Cinta” (2008), yang salah satu pemerannya adalah Jessica Iskandar. Tenang, saya tidak akan membahas status terakhir hubungan perempuan ini dengan Olga.  Sekilas tentang film ini. “Coblos Cinta” mengisahkan tentang persaingan antara Aldi (Tommy Kurniawan) dan Nadia (Bella Shapira) dalam memperebutkan posisi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di kampus tempat mereka menimba ilmu.

Ada satu adegan dalam film tersebut dimana sedang dilangsungkannya acara debat terbuka calon ketua BEM antara Aldi versus Bella. Saat sesi tanya jawab, salah seorang mahasiswa mengajukan pertanyaan yang, ehm… silahkan Anda simak pertanyaannya berikut ini:

“Aldi,… sebelumnya anda bilang bahwa di dunia ini tidak ada yang sia-sia. Bagaimanakah dengan bulu yang tumbuh pada tompel. Apakah menurut anda kehadirannya tidak sia-sia?”

Namun Aldi dengan cukup keren meng-counter pertanyaan tersebut, dengan jawaban yang menjadi alasan saya untuk menulis artikel kali ini.

“Kegunaan bulu pada tompel untuk menandai bahwa tompel sudah akil balik. Seperti umumnya pada manusia. Kalau manusia sudah dewasa, pasti akan tumbuh bulu. Jadi tompel yang berbulu adalah tompel yang dewasa.”

Terlepas dari jawabannya yang ngawur, saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh Aldi, bahwa tiap bagian tubuh manusia pasti memiliki kegunaan. Bahkan ketika bagian tubuh tersebut kelihatan seperti tidak memiliki kegunaan.

Baca Juga:  3 Cara Bagaimana Menemukan Tempat Pangkas Rambut yang Cocok

Dulu saya sempat heran kenapa Tuhan menciptakan alis di atas mata. Saya tahu jika kita tidak memiliki alis, wajah manusia akan kelihatan aneh. Tapi apakah alasannya hanya itu saja? Akhirnya misteri ini terpecahkan setelah saya dengan tidak sengaja membaca sebuah artikel di sebuah forum kesehatan.

Alis mata kita berfungsi untuk menahan keringat yang mengalir dari pori-pori kepala, sehingga cairan ekskresi tersebut tidak langsung masuk dan mengotori (bahkan menginfeksi) mata. Itu sebabnya sangat disayangkan bagi para perempuan yang mencukur alis mereka hanya agar dapat dilukis sedemikian indahnya (Guys, please don’t do that. I beg you).

Berikut adalah beberapa mini random facts and tips tentang grooming dan rambut pria yang mungkin berguna bagi anda.

1. Kumis dan jenggot ampuh untuk mengurangi risiko kanker kulit di area wajah dari sinar matahari. Jika anda memiliki kumis dan jenggot, rawatlah! Selain dapat meningkatkan kesan maskulin, bulu-bulu ini juga melindungi anda!

2. Potongan rambut tipis bagaikan pedang bermata dua. Dengan potongan yang rapi dan tepat, pria dengan gaya rambut tipis dapat terlihat gagah dan tampan. Namun sama seperti alasan memelihara kumis dan jenggot pada point (1) di atas, rambut yang tipis sama saja dengan membiarkan sinar matahari dengan mudahnya membakar kulit kepala Anda dan tentu saja, bukan berita baik bagi masa depan rambut indah Anda.

Baca Juga:  Wanita Lebih Pilih Pria Dengan Brewok Tipis Atau Lebat?

3. Kesehatan dan keindahan rambut Anda bergantung pada kondisi kulit kepala anda. Kulit kepala yang sehat adalah awal bagi rambut yang sehat. Jangan terlalu sering berganti shampoo, karena hal tersebut dapat merusak kulit kepala anda.

4. Pakailah shampoo, tapi tidak setiap hari. Ini mungkin terdengar aneh, tapi benar adanya. Kecuali jika anda bekerja di outdoor-field yang berdebu dan benar-benar mengotori rambut, sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering memakai shampoo.

Apakah anda tahu bahwa wanita sekalipun tidak setiap hari memakai shampoo ketika keramas? ini untuk mencegah kerontokan dan menjaga kelembaban kulit, karena shampoo itu sebenarnya cukup ‘keras’ untuk rambut anda. Jika anda tidak percaya, silahkan tanyakan kepada sahabat-sahabat wanita anda.

5. Kulit kepala yang sehat adalah kulit kepala yang bersih dengan sirkulasi darah yang lancar. Lakukan pemijatan kepala (Scalp Massage) secara rutin dan teratur. Seperti apa Scalp Massage itu? Coba cari di Youtube, atau mungkin suatu saat nanti kami akan membahasnya secara khusus.

Baca Juga:  5 Cara Agar Tukang Cukur Mengerti Keinginan Anda

Kemiri punya khasiat istimewa untuk menghitamkan rambut. Tidak sulit untuk menemukan minyak kemiri. Dulu saya pernah memakainya secara teratur. Suatu waktu ketika saya sedang creambath, sang hairdresser langganan yang sedang memijat kepala saya bertanya, apakah saya akhir-akhir ini mengecat rambut saya atau tidak (saya memang sudah lama tidak berkunjung ke salon tersebut). “Hitamnya mengkilat” #truestory

6. Ganti sarung bantal anda secara teratur. Hal tersebut tentu saja demi kebersihan dan kesehatan kulit kepala anda.

7. Sehabis mandi, jangan menggosok-gosokkan handuk ke rambut anda dengan terlalu kasar. Rambut anda bisa patah, sobat. Lakukan dengan lembut. Tepuk-tepuk rambut anda dengan handuk dengan lembut.

Sekian dulu mini tips dari saya. Karena penampilan tidak hanya tentang bagaimana memadupadankan pakaian. Maksimalkan bulu-bulu pada tubuh anda untuk penampilan yang paling maksimal. So, Anda punya fakta menarik tentang bulu-bulu tubuh kita? Let’s share!

– Minosian

Tags : facial hairgroomingrambut
Minosian

The author Minosian

4 Comments

  1. terkait point 4, seingat gw pernah dibahas, kalo mau pake gel/minyak rambut baiknya setelah pakai shampo,sedangkan gw pake gel setiap hari,gimana tanggapannya?

  2. Dear Apul,

    Memang benar, Gel baiknya dipakai setelah memakai shampoo.
    hal ini agar kulit kepala bersih dan Gel tersebut tidak menambah kotoran rambut.

    Gel Rambut adalah salah satu penemuan terbaik yang pernah di miliki manusia.
    Setiap Pria di dunia ini harus berterimakasih kepada sang penemu, siapapun dia.
    Bagaimana tidak? hanya dalam hitungan detik, anda bisa mendapatkan gaya rambut favorit anda.

    Namun dunia ini memiliki 2 sisi, baik dan buruk.
    di balik sifat praktis yang di tawarkannya, bersembunyi efek-efek negatif yang siap menyerang di saat anda lengah.

    Gel itu seperti junk food. enak di lidah, namun tidak baik untuk tubuh.
    tidak masalah untuk di konsumsi sesekali. namun bila terlalu sering?

    Apul pasti sering mendengar orang-orang yang memiliki masalah rambut dengan Gel sebagai akar permasalahannya.

    Pemakaian Gel yang terlalu rutin akan memberikan beban bagi rambut anda.
    Berikan jeda beberapa hari di antara setiap pemakaian Gel. Demi kesehatan rambut anda.
    Anda juga tidak makan fastfood tiap hari,bukan?

    Sorry for the late reply.

    Love your hair,
    Minosian

  3. Selamat sore,,

    saya sangat senang dengan adanya web ini,,, hanya saja tolong updatenya yg pasti dong,,,,,,

  4. Artikel yg cukup menarik dan menambah wawasan. Tapi,sekali-kali bahas efek negatif dari penggunaan wax/gel rambut dong. Thx 😀

Comments are closed.