close
Tips

5 Jenis Kulit Dan Cara Merawatnya

Mens Skin

Sebagai bagian tubuh yang paling besar dan terlihat, kulit tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari faktor luar tetapi juga dapat mengatur suhu tubuh dari berbagai cuaca. Selain itu, kulit juga mempengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan.

Masalahnya, sebagian besar pria kurang peka terhadap kesehatan kulit mereka dan cenderung mengabaikannya. Entah karena masih memiliki paradigma bahwa perawatan tubuh “tidak laki banget” , terlalu sibuk atau hal lain. Tetapi jika Anda ingin menjaga dan merawat kulit, Anda harus mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak biasanya mempunyai ciri kulit mengkilap, terutama pada area T (dahi, hidung dan dagu). Orang yang memiliki kulit berminyak biasanya kulitnya lebih kenyal, memiliki pori-pori besar dan lebih rentan terhadap komedo dan jerawat. Namun kulit berminyak memiliki usia kulit yang lebih lama di bandingkan kulit berminyak.

Untuk merawat kulit Anda, bersihkan dengan pembersih yang diformulasikan untuk kulit berminyak sebelum Anda tidur. Berikan perawatan facial skin exfoliation 2 kali seminggu dengan scrub yang lembut dan pelembab bebas minyak untuk mengangkat sel kulit mati.

Kulit Kering

Orang yang memiliki kulit kering biasanya kulit terasa kencang, cenderung memiliki kerutan halus, mengelupas dan bercak merah. Saat kita berusia sekitar 35 tahun kulit biasanya cenderung lebih kering, hal ini di pengaruhi oleh hormon. Selain itu kulit akan lebih kering karena di pengaruhi oleh faktor lain seperti sabun yang di gunakan, cuaca ataupun Air Conditioner (AC).

Untuk merawat kulit Anda, mandilah dengan sabun khusus untuk kulit kering yang biasanya mengandung glycerin atau petrolatum . Setelah mandi, kenakan lotion atau moisturizer.

Kulit Normal / Kombinasi

Jika kulit Anda tidak terlalu kering atau berminyak berarti kulit Anda termasuk jenis normal. Ciri lainnya adalah sedikit minyak pada area T (dahi, hidung dan dagu) tetapi pada bagian pipi lebih kering. Selain itu biasanya memiliki pori-pori dengan ukuran sedang.

Yang perlu Anda lakukan setiap hari adalah membersihkan muka dengan pembersih yang mengandung scrub, mengolesi toner dan menyelesaikannya dengan moisturizer.

Kulit Sensitif

Kulit sensitive cenderung tipis dan halus dengan pori-pori yang kecil. Jika kulit Anda mudah iritasi karena sinar matahari, rentan kemerahan, gatal dan jerawat, berarti Anda memiliki kulit sensitif.

Untuk merawatnya, gunakan produk perawatan dengan tipe gel daripada bentuk krim. Kenakan sunblock jika akan melakukan aktivitas outdoor. Saat mandi gunakan juga sabun yang mengandung glycerin.

Kulit Dewasa

Kulit ini adalah jenis yang di pengaruhi faktor usia dan lumrah terjadi. Biasanya ciri dari kulit ini adalah terasa ketat dengan terlihat keriput, kulit kendur terutama pada bagian pipi dan rahang, serta tekstur yang kasar.
Pakailah pelembab yang mengandung “anti penuaan” yang dapat melawan garis halus, kerutan dan membuat kulit lebih halus.

Gimana, masih mau cuek sama kulit Anda, bro?

 

-Que-

 

sumber: Wikipedia, davidsuzuki.org, about.com

Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.