close
Tips

2 Alasan Penting Mengenakan Setelan Jas Saat Interview Pekerjaan

Setelan Jas

Wawancara kerja adalah hal yang sangat krusial bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Momen tersebut pastinya akan sangat berharga dan tidak akan Anda sia-siakan. Apalagi jika perusahaan dan lowongan pekerjaan itu memang Anda minati. Selain kesiapan mental, fisik yang prima dan kelengkapan dokumen resume, Apakah Anda sudah siap juga dengan penampilan Anda?

Pada umumnya kebanyakan pria apalagi pria yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dan ingin melakukan wawancara pekerjaan, masih belum berpengalaman dalam hal tersebut. Apalagi dalam hal berpenampilan untuk momen penting itu. Kebanyakan hanya menggunakan kemeja kantoran biasa atau kemeja putih biasa.

Memang tidak semua perusahaan mewajibkan untuk mengenakan pakaian formal pada saat interview pekerjaan. Banyak juga perusahaan yang meminta “dress code” tertentu pada saat interview pekerjaan.

Tapi jika Anda sudah mengetahui bahwa perusahaan Anda memang cukup berkelas dan pakaian formal adalah style yang sudah umum di sana, ini lah saat yang tepat dan wajib untuk mengenakan setelan jas terbaik yang Anda miliki.

Sandra Nygaard, seorang jurnalis dan penulis lepas majalah pria telah melakukan interview kepada beberapa staff human resource perusahaan ternama di Amerika Serikat.

Sandra menyimpulkan dari interview tersebut bahwa para staf HRD sangat memperhatikan kesan pertama para pelamar kerja. Jika para pelamar pekerja tidak rapi, berarti mereka tidak ada usaha untuk interview tersebut.

Tidak ada usaha untuk mengesankan para interviewer, dan mungkin proses wawancara akan selesai pada detik itu juga.

“Minor details can be major.”

Lalu mengapa harus mengenakan setelan jas pada saat interview?

1. A suit means business

Yap!  Dari dulu, setelan jas memang selalu memberikan kesan elegan dan mewah. Memberi kesan bahwa pria dengan setelan jas adalah seorang pebisnis atau pengusaha berkelas. Dengan mengenakan setelan jas, agak jarang seorang pria terlihat buruk.

Kecuali jika ukuran jas tersebut terlalu besar atau terlalu memiliki warna yang mencolok. Pada umumnya, orang akan memperlakukan Anda sesuai apa yang dikenakannnya.

Jika setelan jas memberikan kesan pebisnis yang berkelas, apakah mungkin para interviewer akan menanggapi Anda secara tidak serius?

2. Makes you feel better and more professional

Berbeda dengan blazer, setelan jas terbuat dari bahan yang lebih baik. Tentunya akan memberikan rasa kenyamanan yang lebih  baik pula. Kenyamanan adalah harga mati dalam hal berpakaian. Kenyamanan Anda akan berakibat pada apa yang terjadi pada wawancara kerja yang ingin Anda lakukan nantinya.

Dengan pakaian ini, kesan seseorang yang professional juga dapat diperlihatkan. Pakaian yang dijuluki juga dengan istilah   “male uniform in the modern world” ini sudah menjadi pakaian klasik yang wajib.

Setelan Jas Pria Membuat Anda Tampak Lebih Professional

Karena dari puluhan tahun lalu hingga kini, pakaian ini tidak akan lekang oleh waktu dan tetap menunjukkan kesan berkelasnya.

Dengan terlihat professional mengenakan setelan jas, tidak ada alasan bagi para interviewer untuk menyepelekan siapa Anda. Kecuali jika Anda tidak menyiapkan materi wawancara dan gagal total dalam hal komunikasi. Tampil professional pada saat wawancara kerja menunjukkan Anda serius terhadap pekerjaan tersebut.

Tentunya mereka juga akan semangat dan bangga jika nantinya Anda menjadi bergabung ke dalam perusahaan tersebut. Jika Anda benar-benar merasa percaya diri, para interviewer pun akan merasakannya.

Seperti yang sudah ditulis pada artikel sebelumnya tentang “8 Fashion Yang Wajib Dimiliki Pria”  bahwa walaupun harga satu set jas cukup mahal, tetapi ini adalah investasi yang berharga. Berharga untuk momen krusial yang menentukan perjalanan karir Anda.

“It’s human instinct to judge people based on their looks”

Rush

Rush

The author Rush

is netizen, blogger, and author of this blog. Always love and support local product.

1 Comment

  1. Bro klo ngelamarnya di media TV yg pakaiannya biasanya semi formal, apakah boleh menggunakan blazer dipadukan dengan chino warna hitam?

Comments are closed.