403 Forbidden


nginx

Tips Merawat Sepatu

Published on January 11th, 2011 | by Rush

65

10 Tips Merawat Sepatu Anda

Tips Merawat Sepatu Pria. Sepatu merupakan salah satu elemen fashion yang penting bagi pria. Selain karena fungsinya yang vital sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga menjadi elemen fashion yang penting pada kesan pertama. Namun berapa banyak pria yang menyadari akan hal tersebut? Banyak dari mereka yang menganggap sebelah mata. Fungsinya yang sebagai alas kaki bukan berarti luput dari perhatian. Justru disitulah test sesungguhnya akan kepedulian Anda tentang kebersihan.

Kulitas dari sepatu yang anda kenakan dapat menunjukan seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Termasuk kualitas dari kebersihannya. Orang lain akan otomatis menghargai penampilan Anda, tidak terkecuali wanita. Beberapa orang mengatakan bahwa,

“Women checking out your shoes before their eyes rise to scan the rest of your look.”

Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan sepatu.

1. Bersihkan kotoran sebelum anda semir – Jangan pernah Anda menyemir sepatu kulit anda sebelum kotoran yang ada hilang. Karena ketika Anda gosok, Anda hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan.

Untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.

Saddle Soap

2. Semir secara rutin – Setelah bersih, semir sepatu kulit Anda dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum Anda semir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.

Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian  Anda sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu Anda gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.

Tips Membersihkan Sepatu Pria 1

Bersihkan

Semir

Kilapkan

3. Segera keringkan jika terkena basah – Jangan biarkan terlalu lama sepatu Anda terkena air. Jika Anda kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran.

Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering.Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit Anda kering secara natural.

Step #1

Step #2

Step #3

4. Keringkan kaki – Kaki yang basah akan membuat kaus kaki Anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika Anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepati juga akan menjadi bau.

5. Miliki beberapa pasang sepatu – Jika sepatu yang sama Anda gunakan secara terus menerus, sepatu akan cepat berkerut.  Istirahatkan sepatu Anda, sehingga awet dan tetap dalam performa terbaiknya .

Pair of Shoes

6. Bersihkan kotoran lumpur ketika kering – Lumpur di sepatu atau sering kita sebut “belok” sangat sering kita alami. Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan Anda bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, Anda bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.

Sneakers Penuh Lumpur

7. Hindari mencuci dengan mesin cuci – Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya Anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.

Sepatu sneakers  canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.

Washing Machine

8. Jauhkan dari sinar matahari langsung – Ketika Anda menjemur, hindari sinar matahari langsung. Karena sepatu akan mudah cepat rusak dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.

Hindarkan sinar matahari langsung

9. Gunakan baking soda untuk penghilang bau – Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu Anda bersihkan taburannya di pagi hari.

10. Simpan dengan baik dan rapih – Apa yang Anda lakukan setelah selesai beraktifitas dan pulang ke rumah? Bagaimana anda memperlakukan sepatu Anda? Apakah asal lepas dan bergeletakan tak beraturan? Jika iya, mulailah untuk berubah.

Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu Anda. Sediakan rak atau apapun itu agar sepatu Anda tertata dengan rapih. Jika memang sepatu Anda jarang digunakan, Anda bisa meletakkannya di dalam box/kotak kardus agar sepatu Anda terhindar dari debu dan kotor.

Rak Sepatu

Silahkan Anda terapkan secara konsisten 10 tips perawatan sepatu di atas. Jika Anda salah satu pria yang sibuk, minimal sempatkanlah untuk memperhatikan sepatu Anda sebelum beraktifitas.

Baik itu Ketika Anda bekerja, kencan, ataupun hangout dengan sahabat Anda. Tidak ada waktu untuk melakukan hal diatas? Silahkan saja Anda minta bantuan seperti pembantu, atau jasa semir sepatu dll.

Tapi menurut saya tidak ada yang lebih baik selain merawat barang milik pribadi dengan tangan sendiri.

If you want to know if a guy is well-dressed? Just look down!? – George Frazier

-Rush

Tags: , ,


About the Author

is netizen, blogger, and author of this blog. Always happy to share anything which can inspire people. Kind of person who love and support local product.



65 Responses to 10 Tips Merawat Sepatu Anda

  1. Rex says:

    hufff., superb! great article bro! benar2 tersindir gw dengan artikel ini.,keep posting.

  2. Pria glossy says:

    Keren bro artikelnya, sebelumnya saya bingung klo mau bersihin sepatu … klo di laundry kan mahal :D

  3. sepatu saya semuanya tidak terawat :(
    kemarin baru beli sepatu yg warnanya disesuaikan dengan warna beltnya (putih).

    karena jarang dipakai akhirnya disimpan di box nya :)

  4. Frans Woels says:

    ada artikel buat ngerawat jaket kulit? saya yakin temen-temen disini, terutama motoris, banyak yang punya jaket kulit

    salam
    -fw-

  5. Rush says:

    @frans woels

    saat ini blum bro., nantikan terus di website ini.

  6. zee says:

    Sepatu adalah investasi, jadi wajib dirawat benar2 ya.
    Kalau saya sih sekarang ini setiap pulang dari mana pun, baik sendal ataupun sepatu harus langsung dilap oleh asisten, baru dimasukkan ke lemari. Jadi kapan saja tinggal pakai tanpa perlu khawatir kita pakai sepatu kotor. :)

  7. Rush says:

    @zee., whoo., punya asisten cuma buat bersihin sepatu/sendal? ckckc hebat!

  8. Fox'D says:

    gw mau share tips nih untuk menghilangkan bau sepatu.

    Menurut Kim Seok Ho di bukunya “3 Menit Belajar Ilmu Pengetahuan” dinyatakan disana bahwa dengan memakai arang dan uang logam tembaga, kita dapat menghilangkan bau dan membunuh kuman di sepatu. Dibukunya tertulis,

    “Arang dapat mengubah sifat asam suatu benda menjadi basa, sebab utamanya adalah karena 60% arang terdiri dari alkali. Alkali bisa meningkatkan keaktifan dan memurnikan udara sehingga dapat membunuh kuman dan membantu menjaga kesehatan tubuh, sedangkan tembaga bisa mengontrol pertumbuhan kuman. Maka jika uang logam dan arang disatukan, kemudian dimasukkan kedalam sepatu atau lemari es, cara ini dapat menghilangkan bau tidak sedap”

    Ga tahu pemakaian nya bagaimana, mungkin arang dimasukkan kedalam kantong kain, lalu beberapa koin tembaga dimasukkan ke dalam sepatu, ga dicampur ke arang. CMIIW. gw blum pernah nyoba neh, cuma kutip dari buku, kalau ada yang udah nyoba, boleh dong dishare dimari. :)

    -Fox’D-

  9. Rush says:

    thx buat infonya., ada yang mau coba? klo udah tolong di share gimana hasilnya ya.

  10. 'Ne says:

    untuk poin 9. baru tahu saya kalo baking soda bisa menghilangkan bau pada sepatu..
    btw, tengkyu udah share infonya..

  11. yadiebaroos says:

    tampaknya sepele, namun bila kita biarkan, akan merusak penampilan kita …… thanks rush…

  12. andre says:

    makasi tipsnya sob. salam kenal. saya baru tau kalo harus dibersihkan dulu sebelum disemir

  13. fab cavallino says:

    untuk sneaker..

    bisakah kita cuci secara manual dgn deterjen? terus gimana tips utk menjemurnya tanpa harus kena sinar matahari langsung?

    untuk sepatu kulit / pantofel?

    bolehkah dicuci dgn deterjen?
    apakah cukup dibasahi dgn air lalu disemir?

    thanks

  14. Rush says:

    klo sneaker memang sebaiknya di cuci manual dengan deterjen, agar tidak kena matahari langsung, bisa diletakkan di tempat yang agak teduh namun tidak lembab. Banyak terdapat angin sehingga kering secara natural.

    untuk pantofel, sebaiknya jangan dicuci dengan deterjen, bisa di lap dengan kain basah, atau semacam kanebo untuk membersihkan kotorannya. Baru disemir.

  15. goobel says:

    allo..
    salam kenal smuanya ya..
    wah website menarik nih..
    mantabh mantabh tipsnya..

    REQ:
    tambahin tips buat pilih kacamata donk bos..
    bingung nih pilih kacamata yg pas n kliatan gak norak..
    kalo bs jg skalian kacamata yg dipasangkan dgn topi..baeknya yg gmn uh bos..

    THANKZ

  16. Jono says:

    Wah bagus. mau nanya sekalian kalo bersihin spatu yang kotorannya udah nempel gmn ya? saya ada sepatu lama yang masih bagus, tapi karena udah ga pernah dicuci jadi nempel kotorannya.

  17. Rush says:

    sepatunya berbahan apa? klo memang canvas sebisa mungkin langsung di bersihkan, karena akan susah dihilangkan jika sudah agak lama.

  18. Didik says:

    bro saya punya kickers n jarang dipakai kok lemnya banyak yang terkelupas n jahitanya banyak yang putus apa ya sebabnya? n ada gak bengkel sepatu khusus untuk sepatu branded? tks…

  19. Rush says:

    Jika tidak sering dipakai, coba anda masukkan ke kotak/kerdus. Jika anda berdomisili di jakarta, coba di CAPTAIN FIX atau Stop ‘N’ Go. Salah satu toko khusus untuk reparasi sepatu.

  20. upay says:

    great thx u banget informasinya

  21. irfan says:

    gak salah mampir di website mu bro…..

  22. Adit says:

    saya pernah baca artikel apa benar khusus untuk koleksi sepatu berwarna putih, dapat di lap dengan menggunakan odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet?

  23. Rush says:

    @adit
    bisa sobat, tapi gunakan odol yang non-gel.

  24. DiskonTop says:

    Thanks untuk tipsnya.

  25. riyadi says:

    woww… keren infonya bro… sangat bermanfaat… ijin copas ya

  26. suge says:

    pinter mendesaian sepatu gag ,,, om hihihih,, artikel yang mnarik :)

  27. big ubay says:

    artikelnya menarik2..
    ane mau baca yang lainya sekalian

  28. zass says:

    bro share donk 10 merk sepatu kulit favorit d indonesia…

    bro sendiri pk sptu apa??

  29. edwin says:

    artikel yang bagus agar sepatu kita tetap awet.thx

  30. guzz says:

    nice info bro =) anyway ada tips kalo bersihin sepatu dgn bahan suede ga? thx in advance…

  31. Rush says:

    @guzz Ditunggu di artikel berikutnya ya, sudah ada niat mau bikin ttg itu.

  32. G.Lar says:

    Saddle soap??? dimana ya carinya? bhsa lainnya apa gitu? :-(

  33. anggaafiyanto says:

    Buat teman-teman yang enggan mencuci sendiri.Bawa aja ke simplyfresh laundry.Sudah banyak kok outletnya d seluruh indonesia.Dan di jamin bersih dan harum.Buruan buktikannn!!

  34. sips!!!!!! nyontek ah buat nyuci sepatu heheheheeeeeee

  35. traza says:

    nice artikel…. :D
    klo maw bikin sepatu bisa di kami kk….

  36. dewa says:

    Broo mau nanya nih, kalo sepatu kulit sobek musti digimanain ya? gue takutnya kalo di jahit keliatan jelek nih.
    Sepatu sebelah kanan gue sobek nih ,bagian kanan depannya bolong gitu…, padahal sepatunya lumayan mahal. Baru pake berapa bulan…eh udah bolong. galau gue.

  37. rifa says:

    nice info bro, sistematis dan mudah dimengerti… saya copas boleh kah bro?..thanks

  38. Hyper-Outlet says:

    Ini tips yang bermanfaat sekali bagi kita semua,

  39. ardhi says:

    sangat membantu ! terutama yang nomer tiga, sepele ya ternyata tapi saya jarang memikirkannya hehe. terimakasih :D

  40. Rorry says:

    I really love this article..keep posting!!!

  41. Arka says:

    menarik sekali bahasannya..

  42. jasa keren says:

    gan ada info mengenai foto sepatu yg di atas yg dibagian sepatu yg hindari dari sengatan matahari langsung ? mohon infonya :-D

  43. Mukti Muttaqin says:

    artikel yang menarik tentang perawatan sepatu

  44. wehan ilmajuang s. says:

    artikel bagus…

  45. farid says:

    kalau di cuci manual sepatunya pada ngelupas yang ada lemnya..!!!!!!

  46. toko sepatu murah says:

    terima kasih atas infonya. tips yang sangat membantu. jadi tambah ilmu :)

  47. Agus says:

    Thanks atas tipsnya. Sangat bermanfaat sekali.

  48. Amirudin says:

    Izin minta artikelnya ya, boleh kan buat di pasang di web ku. Pasti link nya saya cantumkan. Terimakasih sob.

  49. ino says:

    cara merawat sepatu kulit gimana ya???

  50. Artikel yang menarik dan sangat pas untuk menjaga koleksi sepatu kita

    http://www.JualSepatuSafety.com | 0852 340 89 809

  51. Marcel says:

    bermanfaat banget bro .”

    terima kasih :)

  52. zam says:

    Min klo sepatunya abis dicuci biar cepat kering gmn? Soalnya klo gak di jemur matahari masih lembab nanti pas agak kering bauu sekali, thx

  53. buat sepatu nya gan / sist…

    silahkana kunjungin :

    http://jualsepatuonlinemurah.blogspot.com

  54. Tank Linings says:

    aku sangat setuju dengan tips yang di berikan smoga bermanfaat ..

  55. gambarnya besar sehingga memperjelas apa yang dimaksudkan dalam tulisan tersebut. terima kasih atas artikel anda. ada beberapa tips yang saya baru mengetahuinya. semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk orang lain.

  56. Security Services says:

    mkasih infonya bagus

  57. Security Services says:

    mkasih bnyak buat infonya, bagus

  58. Armstrong says:

    mkasih buat infonya

  59. saraf kejepit says:

    infonya menarik bagus
    salm sukses

  60. sita says:

    nice blog,
    blog walking plis :)

  61. kios fashion online murah says:

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali bos. Karena hal ini kita alami dalam kehidupan sehari-hari

  62. toko sepatu dan tas mruah says:

    thanks artikelnya, keren bro

  63. Gino says:

    -RUSH- kalo bisa sekalian donk,bikin artikel tentang jenis sepatu sesuai dengan bahan sepatu itu sendiri. Sebelumnya makasih, artikel diatas sangat bermanfaat sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑





  • Video