close
Stylepedia

Style 101: Shorts//Celana Pendek

men wear shorts

Indonesia telah memasuki musim panas, dan salah satu jenis pakaian yang paling sering kita gunakan ketika musim ini adalah celana pendek, tapi tidak banyak yang tahu cara mengenakan celana pendek yang tepat. Pada Artikel ini saya akan berbagi info tentang celana pendek.

Berapa pendek seharusnya?

Celana pendek seharusnya pendek, kita sering melihat orang mengenakan celana pendek melebihi lutut. Celana pendek yang benar memiliki panjang tepat diatas lutut atau 2/3 paha.

men shorts

Ingat ukuran dipengaruhi oleh bentuk tubuh Anda, jika Anda tinggi dan memiliki kaki yang relative panjang Anda bisa mengenakan celana yang tepat diatas lutut. Namun jika Anda pendek, Anda lebih baik mengenakan celana yang lebih pendek.

Bagian-bagian dari celana pendek

a. Kolong Sabuk
Selain sebagai detail, kolong sabuk juga berfungsi sebagai tempat untuk sabuk agar celana tidak mudah turun/mlorot.

b. Saku/Kantong
Celana pendek seharusnya memiliki saku: 2 saku samping dan minimal 1 saku belakang.
Saku Kargo tidak akan terlihat bagus dikenakan, karena bentuk saku yang diluar jika diisi banyak benda tentunya terlihat menonjol, tentunya kita tidak ini terlihat seperti anak 15 tahun kan?

c. Cuff/Lipatan
Ada beberapa produsen celana pendek yang sengaja membuat celana pendek dengan ukuran yang lebih panjang, hal ini ditujukan agar pengguna melipat kelebihan panjang jari celana itu. Bisa dilakukan dengan cara lipatan rapi manpun lipatan roll/rolled cuff. Kadang pada bagian lipatan ini juga diberikan pola tertentu sebagai detail.

Do and Don’t

Do:

  1. Pilih Bahan yang nyaman, serta kuat. Bahan dari Cotton sangat dianjurkan, selain cotton pilihan bahan seperti Denim juga merupakan opsi lain
  2. Warna dari celana pendek sekarang sangat beragam, pastikan Anda mengenakan warna yang tepat dengan warna kulit Anda, jika kulit Anda gelap gunakan warna-warna tanah, jika kulit Anda cerah Anda bisa mengenakan warna warna soft atau pastel.
  3. Pastikan juga pola yang Anda pilih tepat dengan bentuk tubuh Anda. Selain warna ada juga pola atau pattern yang bisa Anda pilih, jangan menggunakan pola garis vertikal jika Anda tinggi dan kurus, sebaliknya Anda harus mencari celana dengan pola garis horisontal. Berlaku kebalikannya jika Anda bertubuh gemuk maupun pendek
  4. Gunakan lotion anti-UV pada kaki Anda, karena celana pendek hanya menutupi sebatas paha saja. Anda tentu tidak mau menjadi belang bukan?

Don’t:

  1. Mengenakan celana dengan ukuran 2x lebih besar. Walau masalah celana yang bisa turun tiba-tiba dapat di atasi dengan sabuk, namun menggunakan celana kebesaran akan membuat kaki Anda terlihat kecil. Sangat dianjurkan mencari ukuran yang tepat dengan kaki Anda.
  2. Menggunakan kaos kaki. Kekita mengenkan celana pendek sebaiknya jika menggunakan sepatu tidak perlu mengenakan kaos kaki, jika tidak kaos kaki akan terekspose dan itu tidak terlalu bagus. Solusinya adalah menggunakan kaos kaki pendek se mata kaki, dapat juga tanpa kaos kaki, tapi ingat gunakan anti-perspirant pada sela-sela kaki untuk mengurangi bau kaki yang disebabkan keringat dalam sepatu.
  3. Boot /high top. Menggunakna jenis sepatu ini dengan celana pendek akan membuat Anda terlihat seperti anggota geng bahkan orang gila. Solusi: jangan pernah gunakan boot dengan celana pendek. Celana pendek dapat dipadukan dengan sneakers low top, boat shoe, espadrilles, loafers, slip-on, dan sadal
  4. Mengenakan celana pendek saat ke kantor. Jangan pernah melakukannya karena sifat dari cela pendek yang casual tidak tepat dikenakan untuk bekerja. (kecuali peraturan kantor tentunya)

Celana pendek memang nyaman digunakan di cuaca panas seperi saat ini, tapi kita juga harus tau kapan penggunaan yang tepat. Setelah saya memberikan sedikit info ini, semoga Anda sekalian mengenakan celana pendek sebagaimana seharusnya. Berikut ini saya sertakan beberapa contoh outfits dengan celana pendek yang bisa anda coba.

-Keep in Style-

Men Shorts inspirations

Article by: Michan

Contributor Team

The author Contributor Team

Guest blogger & Contributor of Men Fashion & Style

3 Comments

Comments are closed.