close
Rekomendasi

10 Pakaian Esensial Untuk Mahasiswa

Pakaian Esensial Mahasiswa

Entah kalian baru saja menuntaskan 9 tahun Wajib Belajar dan baru masuk dunia perkuliahan atau sudah menjadi Mahasiswa, kita tahu bahwa jadi Mahasiswa berbeda sekali dengan hanya menjadi siswa SMA.
Saat menjadi mahasiswa, kamu lah yang memilih pakaian, kamu lah yang bertanggung jawab penuh atas penampilan dirimu. Tidak ada lagi seragam sekolah atau pakaian yang dipilih dan disiapkan orang tua mu, you’re a grown as man.

Jadi kini saatnya kalian bongkar lemari kalian, buang pakaian-pakaian kebesaran dan mulai membangun wardrobe for a man!

Jeans
You can never go wrong with Jeans. Tapi yang saya maksud bukan sembarang Jeans. Belilah jeans dengan fit yang pas dan berbahan Raw. Kenapa? Karena kuliah adalah waktu sebelum dunia kerja dimana kalian bisa menggunakan Jeans hampir tiap hari, sepanjang semester, selama 4-5 tahun.

Jadi belilah Raw Selvaged Denim Jeans, tidak apa-apa mahal karena kalian akan menggunakannya sampai 10 tahun. Ya, 10 tahun! Bahkan saat kamu nanti sudah bekerja. And boy, does Raw Jeans aged well in College.

T-Shirt Putih
Jujur sajalah, siapa yang tidak suka T-Shirt? Tinggal pake, BAM langsung berangkat kuliah. Tapi bukan sembarang T-Shirt, gunakanlah T-Shirt Putih POLOS, jangan gunakan T-Shirt bertulisan dan bersablon, apalagi (amit-amit) kaos kepanitiaan, buat jadi piyama sajalah.

Baca Juga:  Catatan Penting Bagi Mahasiswa Dalam Berpenampilan

Back on track, kenapa T-Shirt Putih? Karena T-Shirt ini cocok dengan semua pakaian lain. Cocok untuk yang baru mulai mempelajari art of Mix Match warna.

Varsity Jacket
Tidak, Varsity Jacket SMA kamu ga masuk kategori ini. Hindari Jacket yang memiliki tulisan di punggung. Cari Varsity Jacket yang polos dan cocok dengan pakaian yang lain.

Sneakers
Converse salah satu rekomendasi saya. Selain sangat kuat dan awet, these shoes age well. Makin dipake makin cakep keliatannya. Nike dan Vans juga mengeluarkan beberapa Sneakers yang simpel dan bagus. JANGAN memakai sepatu futsal, it belongs on the field.

Chino
Terkadang saat kuliah kamu dituntut untuk tidak bercelana jeans, seperti sidang atau bertemu dengan dosen. Daripada menggunakan celana bahan turunan ayah kamu, lebih baik gunakan Chino berwarna Navy Blue.

Baca Juga:  Ini Dia Beberapa Jenis Sepatu Untuk Mahasiswa

Kemeja Oxford
Jangan, sekali lagi jangan gunakan kemeja turunan dari Ayahmu, karena hampir pasti ukuran baju kalian berbeda. Kecilkan, atau beli kemeja putih atau biru muda Oxford yang simpel. Cocok untuk digunakan bersama Jeans dan Chino yang sudah kamu miliki, dan cocok untuk berpakaian formal dengan dasi atau kasual dengan lengan digulung.

Sweatshirt/Sweater
Daripada menggunakan Hoodie kebesaran, lebih baik gunakan Sweatshirt atau yang lebih dikenal dengan Sweater. Cari yang bermodel Crewneck dan Slim-Fit. Kamu bisa menggunakannya dengan T-Shirt atau dengan Kemeja Oxford untuk terlihat lebih rapih.

Loafer
Untuk saat-saat formal lainnya dimana Sneakers tidak cukup, gunakan sepasang penny Loafers. Cocok digunakan dengan Jeans, Chinos atau bahkan Jas saat wisudaan nanti. Mudah digunakan tanpa menggunakan tali, sepatu ini juga cukup formal untuk acara-acara yang dihadiri Mahasiswa.

Cardigan
Seperti fusion Sweater dan Jacket, Cardigan sangat versatile, ia bisa digunakan hampir kapan saja. Bisa digunakan dengan T-Shirt, kemeja dan terlihat keren dibalik blazer. Trik nya adalah jangan keliahatan seperi nenek-nenek dan kakek-kakek. Cari potongan yang pas, tidak kebesaran dan tidak terlalu ketat.

Baca Juga:  Tanya Jawab #3 - Penggunaan Jam Tangan, Kesalahan Penampilan, & Penampilan Mahasiswa

Navy Blazer
Navy Blazer di Indonesia sangat underrated, orang lebih memilih menggunakan jas/blazer hitam yang jelas-jelas digunakan untuk Nightlife atau pemakaman. Apalagi sebagian besar mahasiswa (lagi-lagi) menggunakan turunan ayahnya. Jadilah, Blazer given a bad name. Gunakan Blazer yang pas, kalau bisa menabung untuk membeli Blazer di penjahit ternama di daerah mu. Range sekitar 600rb-1,2jt; tapi percayalah Blazer ini akan jadi investasi jangka panjang yang sangat berharga.

Jadi itulah 10 pakaian esensial untuk mahasiswa, tapi tenang saja kalau semua dari list tersebut ga langsung terbeli, namanya juga mahasiswa. Tapi ingat, dimana ada kemauan disana ada jalan,ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan untuk investasi wardbrobe milikmu. Dan percayalah dirimu di 5-10 tahun yang akan datang pasti sangat berterima kasih karena kamu sudah menyisihkan uang untuk berinvestasi dengan penampilan mu mulai dari jenjang Mahasiswa.

 

 

Keep being stylish,

Prama Aditya

 

Tags : mahasiswastyle kuliah
Prama Aditya

The author Prama Aditya

15 Comments

  1. Saya punya sepatu safety caterpillar steel toe ori, tp saya bingung memilih pakaian dan celana yg match , help me pleasee ,

    Supaya lebih trlihat gentle dan stylish

    Saya adalah mahasiswa dan pekerja lapangan heavy equipment

  2. ia gan . jenis2 pakaiannya yg di jelasin itu di kasih link ke dagangan ente. biar kita tau jelas gambarnya kaya gimana jelasnya haha. palingg enggak ada gambarnya. biar lebih jelas gann

Comments are closed.