close
Sexy-Men-Herrera

Dalam berinteraksi dengan orang lain penting untuk kita menjaga agar tubuh tidak mengeluarkan aroma tak sedap. Terutama dengan wanita, mereka sangat sensitif terhadap aroma, dan wanita sangat menyukai pria yang harum karena ini berarti pria tersebut respect terhadap dirinya sendiri. Untuk itulah pada artikel kali ini saya membahas info yang berhubungan dengan fragrance/perfume, sebagai pengetahuan untuk Anda atau untuk me-refresh kembali bagi Anda yang telah mengetahuinya.

Fragrance atau parfum terdiri dari beberapa jenis berdasarkan pada jumlah campuran atau konsentrasi dari minyak dan air. Campuran atau konsentrasi ini mempengaruhi ketahanan aroma parfum. Semakin tinggi konsentrasi suatu parfum, semakin lama aroma tersebut dan semakin sedikit Anda perlu memakainya

  • Pure Perfume : Adalah parfum murni, dengan konsentrasi tertinggi di bandingkan yang lainnya. Biasanya kita menyebutnya dengan bibit parfum. Pure perfume jarang sekali di temukan di pasar bebas. Aromanya bisa bertahan lebih dari 6 jam
  • Eau de Perfume(EDP) : Jenis kedua yang memiliki konsentrasi lebih sedikit di bandingkan pure perfume. Parfum jenis EDP ini biasanya banyak untuk wanita, jarang yang untuk pria. Harganya biasanya mahal karena konsentrasi minyaknya yang banyak (8-15 %). EDP memiliki ketahanan aroma sekitar 4-6 jam.
  • Eau de Toilette(EDT) : Parfum/fragrance untuk pria biasanya adalah jenis ini. Konsentrasi minyaknya sekitar 4-10% , lebih sedikit jika di bandingkan EDP, dan aromanya dapat bertahan 3-4 jam.
  • Eau de Cologne: Jenis terakhir ini adalah parfum dengan konsentrasi terendah sekitar 2-5 % , umumnya sering kita temui pada produk -produk pengharum untuk wanita. Aromanya dapat bertahan hingga 3 jam.

Parfum memiliki 3 lapisan aroma berdasarkan tingkat penguapannya, tiap lapisan ini di buat dengan sangat hati-hati oleh para ahli.

  1. Top Notes: Merupakan lapisan aroma atas, yaitu aroma yang tercium ketika parfum di semprotkan, terdiri dari molekul kecil, ringan yang dapat mudah menguap
  2. Middle Notes: Lapisan aroma tengah, yaitu aroma yang muncul setelah aroma top notes menguap, biasanya setelah 15 menit sampai 1 jam. Aroma ini akan bertahap menyatu dengan kulit dan semakin lama akan melembut.
  3. Base Notes: Lapisan aroma dasar yaitu aroma yang lebih kaya dengan molekul terbesar dan yang paling lama penguapannya. Aroma ini akan tercampur dengan aroma middle notes yang menyatu di kulit yang membentuk wangi utama dari suatu parfum.

Aroma lapisan atas dan tengah di pengaruhi oleh aroma lapisan dasar, dan aroma lapisan dasar akan di pengaruhi oleh jenis bahan yang di gunakan pada lapisan tengah.

Pada artikel lain, nanti akan saya bahas tips-tips mengenai parfum

-Que-

Tags : fragranceinfo parfumjenis parfum
Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

34 Comments

  1. @ierone: di tunggu aja bro, thanks udah sering berkunjung :)
    @aishi lely: ya ketahanan aroma EDT memang cukup lama. Thanks juga sudah berkunjung.

  2. wah, barusan liat parfum kepunyaan saya. ternyata termasuk dalam kategori EDT. Thanks banyak atas infonya, bro..^^
    Kalo boleh, sekalian share dong cara pakai parfum yang benar bro, misalkan semprotnya di bagian tubuh mana saja, trus kuantitasnya seberapa banyak.. Soalnya kan kadang ada yang semprotnya berlebihan sampai jarak jauh juga kecium, dan biasanya malah cewek kurang suka yang begituan.. ^^
    thanks bro. ^^

  3. Iya bro, nanti saya akan membahas tips – tips yang berhubungan tentang parfum pada artikel lain, tunggu saja ya.

  4. oogt toh bedanya,, dulu sblm tau suka bingung antara jenis no 2 dan yg ke 3.
    dulu saya suka sama parfume yg beraroma pria…
    tp skr lagi beranjak lebih menyukai Eau de Perfume 😉
    nice info masbro..

  5. @ralarash: iya memang untuk pria sebagian besar jenis EDT, tetapi justru utk wanita ada yg EDT dan EDP. Ada juga ko parfum yang utk unisex. Thanks telah berkunjung.

  6. @Ganda Wahyu: Thanks
    @Indra: Thanks untuk linknya
    @Mark Pippo: Pada artikel lain, nanti kami akan memberikan rekomendasi parfum. So tunggu aja.

  7. Like this…..!

    O ya Bro,tolong ulas jg soal produk perawatan wajah (jerawat,kulit berminyak) khusus Cowo ya…
    di tunggu nih,& Keep sharing… :)

  8. @Rob: Thanks sob
    @Kyt Kareiro: iya, sesuai dengan tagline dari blog ini, nanti kami juga akan memberikan rekomendasi parfum yang ok
    @sumirat: siap bro, di tunggu aja ya :)

  9. @ridwamjali seharusnya ada di mall besar di medan. Bisa anda coba cari di sana.

    @fandy untuk saat ini kami blum ada webstore mungkin nanti ada rencana ke sana. thx

  10. mw nnya donk..
    parfum yg ga “nyengat” pa ja sh?? contoh, adi*as yg league.. it ga “nyengat” di idung.. (mank it kesukaan ane sh.. 😀 )
    it tu msuk yg mna ya??

  11. Yes, memang benar harus tau dong kami parfum apa yang kita pakai.. masa mau “blind”.. Selain dari parfum itu kategori “edt” atau “edp” juga kalau tau kandungan notes nya kan lebih enak.. jadi nga beli kucing dalam karung.. he he he.. :)
    Oh ya, yang lebih penting, pastikan parfum nya asli loh!! Banyak yang palsu dipasaran.. be careful. I, personally, would never use a fake.. bau nya suka aneh lama2..

  12. Pure Perfume dan EDP Wanginya Sangat Tahan lama dan untuk Pure Perfume Semakin lama semakin wangi bahkan awet sampe besokkk nya

  13. I Love Pure Perfume !! Wanginya tahan lama pakai sedikit udah nempel teruuus… Tp di Indonesia jarang sekali Parfum yang menggunakan Pure Parfum….

  14. ah akhirnya ngerti maksud dari base notes yang dijelasin di film perfume.
    tapi kok dia malah punya lebih banyak notes ya? lebih dari 3 seinget gue

Comments are closed.