close
Info

Jam Tangan Pria dan Waktu Penggunaannya

watches

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, salah satu benda/fashion yang penting bagi pria adalah jam tangan. Saya tidak mengerti mengapa ada banyak pria yang tidak suka mengenakan jam tangan. Padahal aksesoris klasik yang wajib Anda miliki ini, selain bisa menunjukkan kelas sosial Anda juga bisa menunjukkan karakter yang ingin Anda tampilkan. Nah sesuai dengan janji saya, pada artikel kali ini saya membahas berbagai jenis jam tangan pria untuk berbagai situasi.

1. Jam tangan formal

Jika anda sering menghadiri acara formal dan harus memakai setelan, ada baikya anda mengenali jenis jam tangan formal dengan desain resmi. Jam tangan analog dengan penunjuk jarum adalah jam yang sempurna bagi eksekutif muda dan pelaku bisnis untuk menghadiri acara dengan tuntutan kerapihan dan kental kesan glamor didalamnya.

Baca Juga:  Groot Watch, Jam Tangan Dari Bahan Tulang Buatan Anak Negeri

Bentuk jam tangan seperti ini beragam, diantaranya bulat, kotak dan poligon. Tepian jam ini biasanya dibuat dari bahan matte, mengkilat, kulit, berlapis emas, berhias kristal.

Watch

2. Jam tangan sporty

Jam tangan sporty memiliki model yang sleek, tahan lama dan fleksibel untuk segala cuaca. Jam tangan model ini terbuat dari material berkualitas tinggi. Salah satu keunggulan jam tangan sporty dibanding jam tangan lainya adalah kedap air.

Jam tangan sporty umumnya memiliki desain chronograph dan dilengkapi teknologi seperti odometer, altimeter, kompas, GPS, tekanan darah, monitor urat nadi atau kelengkapan penunjang aktivitas.

Tampilan jam tangan sporty biasanya  digital dengan lapisan plastik pada tepian jam sebagai pelindung dari benturan dan goresan. Jam tangan ini cocok untuk Anda yang gemar melakukan olahraga outdoor.

3. Jam tangan klasik

Baca Juga:  Penggunaan Wearable Tech Pada Style Anda, Yes or No?

Jam tangan dengan nuansa klasik bisa digunakan untuk suasana semi formal atau santai. Salah satu bentuk jam tangan klasik yang tidak banyak adalah dressier. Ia sederhana tapi elegan dan bersifat long lasting, modelnya juga tidak ketinggalan jaman. Bisa dibilang jam tangan ini identik dengan tokoh james bond yang selalu tampil maskulin namun santai.

Jam tangan klasik perak sangat cocok dikenakan dengan setelan semiformal abu-abu, biru atau bermotif garis. Sementara jam tangan emas cocok digunakan pada malam hari dengan setelan hitam ataupun batik modern.



4.  Jam tangan kasual

Desain jam ini adalah gabungan antara formal, klasik dan sporty. Materialnya sendiri beragam ada yang berupa stainless, kulit, karet, plastik maupun patent leather imitasi.

Fungsinya banyak, bisa untuk kesempatan formal dan non formal. Beda jam tangan ini dengan jam klasik adalah jam ini memiliki desain yang lebih up to date dan stylish.

Baca Juga:  Apa Saja Dampak Negatif Menggunakan Jam Tangan Terlalu Kencang?

Jam tangan casual biasanya berbentuk analog, digital atau keduanya dengan kelebihan seperti auomatic movement. Untuk jenis digital, jam tangan casual biasanya dilengkapi LCD atau LED yang pas untuk acara casual semacam makan malam atau pesta siang hari.

Tiap jenis jam tangan ini memiliki model yang beragam yang dapat Anda sesuaikan dengan selera dan kepribadian Anda. Miliki paling tidak 2 jenis jam tangan untuk situasi formal dan santai.

-Que-

Tags : casual watchesclassic watchesformal watchesjam tangansporty watches
Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

21 Comments

  1. kalau pakaian n sepatu kan lebih baik mahal sedikit asalkan awet. apakah untuk jam tangan juga berlaku demikian?apakah harus mahal dan asli?

  2. Kalo jam tangan dengan strap stainless steel warna silver (non colored) cocoknya untuk suasana apa aja, Que?

  3. @Seto: iya tentu saja bro, karena seringkali jam tangan tiruan mengecewakan kita ketika di kenakan.
    @Andrew: Coba aja merek casio prayer bro
    @Nota: untuk strap stainless steel biasanya di kenakan untuk situasi formal, seperti ketemu mitra bisnis atau ke acara pesta. Tapi tidak ada salahnya juga jika di kenakan untuk ke kntr atau kencan dengan si dia 🙂

  4. nah, kalo tangan terlalu kecil gara2 kurus..
    jadinya lucu kalo make jam tangan gede2 😛
    jam tangan kecil tuh yg make anak kecil..
    gmn dunk

  5. ^ menurut saya lebih baik pergi ke watch store dan konsultasikan dgn penjualnya, biasanya penjual yg baik dan handal akan menyesuaikan jam tangan ke tangan kita. itu lebih baik daripada beli mahal via online tapi ternyata kebesaran / tidak pas.

  6. @Henz & Galih: Pakai saja jam tangan yang kepalanya tidak terlalu besar dan tebal. Justru dengan memakai jam tangan itu untuk mengalihkan perhatian orang dari tangan kalian yang kurus 🙂

  7. @Henz&Galih : Saya jg awalny merasa brmasalah dgn hal itu, ada kok jm tgn yg cocok. Saya sndiri jg sudah tanya k bbrapa teman wanita, dan mreka blg itu ga mslh, malah ada yg negor wktu liat saya ga pakai jm tangan..hahahh..
    Trnyata bener, jam tangan itu PENTING..!

  8. bermanfaat banget…kbetulan saya juga penggemar berat jam tangan, saya hanya 1 punya jam tangan yang bermerk tapi saya punya bnyak jam yang stylenya up to date wlpun murah

  9. Mau tanya, mungki OOT , kulit saya sawo matang. Mau beli jam tangan sporty dengan strap/tali jam berwarna putih..apakah akan contras dengan kulit saya jika dipakai…saya bosan dengan strap jam warna gelap …terimakasih

  10. Ya memang kontras dgn warna kulit Anda. Tp Anda bisa menyiasatinya dgn kenakan warna putih pada yg lainnya, misal sepatu or dasi berwarna putih

  11. mohon di jawab comment yang terakhir bro…ato disesuaikan dengan aksesoris laen kayak kalung/gelang/cincin bro????

Comments are closed.