close
Info

Apa Yang Membedakan Kualitas Bahan Kulit?

Leather

Benda fashion berbahan kulit memang menunjukkan kelas tersendiri, membuat kita terlihat lebih maskulin. Namun seringkali kita lihat perbedaan harga yang cukup signifikan antara yang satu dengan yang lainnya. Apa yang membedakan suatu bahan kulit lebih kuat dan tahan lama, sedangkan yang lainnya mudah rusak? Padahal jika di lihat sekilas sepertinya hampir tidak ada bedanya.

Sebelum Anda mengetahui bedanya, Anda perlu mengetahui dahulu bagaimana proses penyediaan/pembuatan suatu bahan kulit hingga akhirnya dapat di bentuk menjadi benda fashion kesayangan kita.

Proses Penyediaan

  1. Setelah sapi / hewan ternaknya mati, peternak segera menguliti dan memisahkan dagingnya. Kemudian kulit tersebut di bawa ke tempat penyamakkan.
  2. Di tempat penyamakkan; rambut, lemak, protein serta minyak lainnya di buang hingga bersih. Kulit yang sudah di bersihkan ini biasanya di namakan “wet blue”

    image by farmingpak.blogspot.com
    image by farmingpak.blogspot.com
  3. Selanjutnya wet blue di taruh ke dalam tong raksasa untuk di beri minyak khusus, pengawet serta pewarna, kemudian di diamkan selama beberapa jam tergantung dari ketebalan kulitnya. Bahkan untuk kulit yang tebal bisa memakan waktu sampai 20 jam, agar minyak dan warnanya meresap hingga ke bagian dalam kulit.
  4. Setelah proses di atas selesai, kulit di panaskan pada suhu tinggi, lalu di jemur sampai kering dengan kelembaban tertentu. Kemudian kulit tersebut di beri sentuhan akhir seperti di beri warna dan lainnya. Terakhir kulit tersebut di panaskan kembali dan siap di bentuk.

Yang Membedakan Harga dan Kualitas

Pada proses di atas, tong raksasa yang di gunakan harganya sangat mahal, ratusan ribu dollar perbuahnya. Minyak, pengawet/penguat serta pewarna yang di gunakan juga membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Pengrajin atau tempat penyamakkan kulit yang berskala kecil biasanya hanya memiliki beberapa buah tong saja.

Oleh karena itu, untuk menghasilkan/memproduksi jumlah kulit yang telah di proses di atas dalam jumlah banyak dan juga menghemat penggunaan perlengkapan, biasanya pengrajin ini mempersingkat proses nomor 3 diatas yaitu dengan merendamnya hanya beberapa jam saja, cukup bagian luarnya saja yang di beri pewarnaan.

image by saddleback
image by saddleback

Yang membedakan lainnya adalah kualitas cairan dan minyak yang di gunakan pada proses pewarnaan diatas, dan tentu jenis dan kualitas dari kulit hewan yang di gunakan itu sendiri yang akan saya bahas pada artikel lainnya.

-Que-

Source: wikipedia, motherearthnews.com, saddleback

Tags : leather tanning
Que

The author Que

is founder and author of Fashionpria.com . He loves share happiness, likes reading and writing. Que is marketing geek and fashion freak.

3 Comments

  1. Nice article bro, pelajaran bwt yg suka beli kulit,
    Klo d bdg gw suka beli di daerah cibaduyut buat bikin sepatu sm tas custom

Comments are closed.