close
Info

Amazon.com Meluncurkan Brand Fashion Miliknya Sendiri


Perusahaan ecommerce terbesar Amazon.com akhirnya mencoba untuk membuat terobosan. Salah satunya adalah dengan meluncurkan brand mereka sendiri. Selama bertahun-tahun, kita mengenal Amazon.com sebagai ecommerce yang menjual segalanya. Tapi yang kita tahu juga, mereka hanya menjual produk orang lain.

Nampaknya hal itu kurang cukup memuaskan bagi Amazon. Mencoba peruntungan di dunia fashion, akhirnya Amazon memutuskan untuk bersaing dengan meluncurkan brand-nya sendiri.

Dalam ajang pertemuan para CEO di WWD Summit New York, Jeff Yurcisin selaku VP (Vice President) Amazon Clothing mengatakan alasan dibalik terobosan Amazon ini. Bahwa keinginan tersebut didorong oleh banyaknya customer yang menginginkan produk dari beberapa brand yang sudah tidak berafiliasi lagi dengan Amazon.

jeff-yurcisin-amazon-vice-president-wwd
Jeff Yurcisin, Amazon Clothing Vice President

Banyak brand fashion yang tidak lagi menjual produknya di Amazon. Namun pelanggan masih menginginkan dan menyukai model-modelnya. Sehingga Amazon mencoba mengakomodir kebutuhan pelanggan tersebut.

Saat ini terhitung sudah total pelanggan Amazon.com sekitar 300 juta. Dengan membuat brand dan menjual kepada pelanggannya sendiri, jika dihitung di atas kertas tentu akan sangat menguntungkan dan Amazon sangat melihat peluang terobosan ini.

Saat ini Amazon.com sudah mengeluarkan sekitar 7 brand diantaranya:

  • Franklin & Freeman (Men’s shoes)
  • Franklin Tailored (Men’s clothes, dressed up stuff)
  • James & Erin (Women’s Casual Clothes)
  • Lark & Ro (Women’s clothing)
  • North Eleven (Women’s outerwear/accessories)
  • Scout + Ro (Kids Clothes)
  • Society New York (Women’s Dresses, Purses, Accessories)

Jika dilihat, nampaknya Amazon menyerbu disemua lini kategori fashion, baik anak-anak, pria ataupun wanita. Bagi kalian para penggiat fashion pria, tentunya bisa mencoba menelisik salah satu brand dari Amazon tersebut, yaitu Franklin & Freeman. Brand khusus amazon pada kategori sepatu pria.

franklin-freeman-amazon
Beberapa contoh sepatu formal koleksi Franklin & Freeman

Rencana ke depan, Amazon.com memiliki target yang tidak ringan yaitu menjadi Ecommerce terbesar pada kategori fashion.

Macy’s yang digadang-gadang sebagai pesaing terberat nampaknya bisa terkalahkan. Lantaran ada kabar terbaru bahwa Macy’s telah menutup sekitar 100 gerainya.

Fokus Amazon.com pada program ini juga sangat baik. Membentuk tim hebat dengan personil yang mumpuni dibidangnya. Tidak tanggung-tanggung, dikabarkan Amazon juga menggandeng salah seorang mantan bos dari brand Marks and Spencer, Frances Russell.

Seiring makin maraknya ecommerce fashion di internet, kedatangan Amazon.com bersama brandnya sendiri akan menambah kompetitifnya persaingan. Para penikmat produk fashion pria akan makin banyak pilihan pada brand atau merek.

Semoga saja, kualitas dari produknya tidak akan memudarkan nama besar Amazon.com sebagai salah satu top ecommerce di dunia.

Tags : amazonecommerce
Vanessa

The author Vanessa

Netizen | Time waster | Chocolate lover ~ Contributor of Fashionpria.com

Leave a Response