close
Info

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berpenampilan Di Kantor

jazebel

Ketika weekend sudah berakhir, Anda sebagai pekerja kantoran professional tentunya seringkali membenci hari Senin. Hari dimana penuh dengan pekerjaan, deadline yang belum terselesaikan, jadwal meeting yang padat, jalanan yang macet dan lain sebagainya. Minggu malam bisa menjadi hari yang sangat berat untuk ditinggalkan. Ingin rasanya untuk memberhentikan waktu dan memperpanjang liburan. Tapi itulah realita, Anda tidak bisa menghentikan waktu. Yang bisa Anda lakukan hanyalah terus melanjutkan hidup Anda ke depan dan terus meningkatkan kualitas diri.

Pada awal minggu, mungkin sebagian dari Anda akan tergesa-gesa untuk melakukan aktifitas ke kantor. Lupa untuk grooming, atau mungkin berpakaian seadanya.

Dibenak Anda hanyalah agar cepat sampai di kantor, cepat menyelesaikan deadline, cepat menepati janji meeting agar bos senang.

Padahal untuk melakukan hal tersebut dengan baik diperlukan mood yang baik, kondisi pikiran yang jernih dan semuanya bisa berawal dari penampilan yang baik di pagi hari.

Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya tentang tips grooming di pagi hari, bahwa untuk memulai hari yang baik, bisa berawal dari persiapan penampilan Anda untuk menghadapi hari tersebut.

Josh Peskowitz, seorang editor majalah Esquire memiliki quote bagus tentang hal tersebut.

“Nothing starts the week better than a good shoe shine. Except a promotion.”

Artinya adalah dengan persiapan penampilan yang baik pada saat Anda ingin memulai aktifitas di kantor, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Merasa lebih percaya diri, bisa menarik perhatian rekan kantor hingga mungkin mendapatkan promosi pekerjaan.

Bukan berarti dengan tampil keren lantas bos Anda takjub dan seketika itu mempromosikan untuk naik jabatan. Maksud di sini adalah bahwa berpenampilan itu dapat mempengaruhi kinerja Anda.

Oke, mungkin Anda agak skeptis dan tidak percaya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Elon University di North Carolina memberikan kesimpulan hubungan antar penampilan dan produktifitas pekerjaan.

Mereka mengatakan bahwa beberapa pria yang sangat mempedulikan penampilannya memiliki sifat yang lebih teliti. Mereka memperhatikan sesuatu yang detil. Tentunya itu sangat berguna bagi perusahaan. Memperhatikan hal yang detil dalam berpakaian dapat menjadi hal kebiasaan saat di pekerjaan kantor.

So, untuk itu mari kita mulai dengan beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang apa saja yang sebaiknya dihindari dalam berpenampilan di kantor. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Hindari Torn Jeans

Torn Jeans atau mungkin sering kita sebut dengan jeans belel. Pada perusahaan-perusahan formal tentu saja pakaian ini tidak bisa ditolerir. Untuk beberapa perusahaan kreatif dan tidak peduli dengan hal berpakaian bisa saja sah-sah saja untuk digunakan.

torn_jeans2

Namun kami sarankan untuk menghindarinya. Anda bisa menggunakan jeans yang berwarna agak gelap pada saat “casual day” seperti hitam, navy blue, dark blue atau dark grey.

Perusahaan di Indonesia biasanya menerapkan “casual day” di hari Jumat. Anda bisa memadukaannya dengan batik, polo shirt atau kemeja santai lainnya.

2. Sendal Sebagai Alas Kaki Utama

Mungkin Anda pernah mencobanya. Dari pagi hingga pulang, alas kaki Anda hanya satu. Yaitu sendal. Okelah Indonesia khususnya Jakarta sering terjadi banjir, jalanan becek dan lain sebagainya.

Gunakanlah sendal sebagai alas kaki sementara. Alas kaki Anda ketika di toilet mungkin, atau pengganti sepatu ketika dalam perjalanan karena takut sepatu terkena becek, atau sebagai alas kaki sementara ketika kaki Anda sakit dan tidak memungkinkan untuk mengenakan sepatu.

Sendal Jepit

Image by tumblr

Rekan saya pernah ditegur oleh bos saya karena sangat lama dipanggil ke ruang meeting. Karena saat dipanggil, ia hanya menggunakan sendal, dan butuh waktu lama untuk mengenakan kaos kaki, dan sepatu bertalinya. Mudah-mudahan hal tersebut tidak terjadi pada Anda

3. Kaos Kaki Putih Dengan Celana Formal

Seperti artikel sebelumnya tentang “Masih Perlukah Menggunakan Kaos Kaki Putih” disebutkan bahwa, tidak ada tempat yang lebih sesuai selain gym atau tempat olahraga lainnya yang cocok untuk kaos kaki putih. Hanya seorang Michael Jackson saja yang bisa terkenal dengan style seperti itu.

4. Celana Formal Dengan Running Shoes/Sneaker

Pada artikel 3 Jenis Sepatu Wajib Pria telah disebutkan bahwa sebaiknya Anda memiliki sepatu yang sesuai dengan kondisi dan acara. Tak jarang kami lihat para pria kantoran yang sembrono menggunakan celana kantor dengan sepatu olahraga atau sneaker.

Image by Paklinks

5. Celana Formal Tanpa Ikat Pinggang

Mungkin ini juga salah satu hal yang luput dari perhatian. Ikat pinggang tidak hanya berfungsi untuk mengencangkan, tetapi juga bisa menjadi pemanis dari penampilan Anda. Milikilah beberapa dress belt atau ikat pinggang formal. Memiliki warna hitam dan cokelat itu sudah lebih dari cukup.

6. Tidak Memperhatikan Tatanan Rambut

Mungkin pekerjaan Anda banyak. Anda telalu lelah, sibuk dengan pekerjaan tanpa henti yang terus-menerus datang. Tapi hal itu semua tidak harus Anda perlihatkan dengan tatanan rambut Anda yang semrawut dan berantakan.

Male Stress Face

Image by Saidaonline

7. Kemeja Tidak Dimasukkan

Biasanya terjadi menjelang saat-saat pulang. Ada baiknya Anda tetap konsisten dari awal datang hingga menjelang pulang dari kantor. Kemeja tidak dimasukkan ke dalam celana adalah salah satu hal yang bisa membuat Anda tidak terlihat rapih.

Untucked Shirt

Image by Fabmanual

Lihatlah gambar diatas. Ada perbedaan antar kemeja yang lebih formal dan kemeja santai untuk hangout. Kemeja formal digambar sebelah kiri biasanya di desain agar lebih panjang. Jadi jikat tidak dimasukkan akan terlihat aneh. Berbeda dengan kemeja santai pada gambar sebelah kanan.

Beberapa hal tersebut diatas mungkin pernah Anda alami. So, mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih memperhatikan kembali penampilan Anda di kantor. Jika Anda konsisten menghindari hal ini, seperti yang sudah kami katakan tadi, mungkin saja promosi jabatan sudah menunggu Anda.

Rush

The author Rush

is netizen, blogger, and author of this blog. Always love and support local product.

4 Comments

  1. Trim banget bos, aku sering tdk sgr pakai sepatu kl hbs sholat dhuhur n kdg2 baju dikeluarin.

Comments are closed.