close
Info

Inilah 10 Smartwatch Berbasis OS Android Wear yang Perlu Anda Ketahui


Setelah permulaan yang tidak begitu bagus, Google Android Wear secara perlahan semakin menunjukkan performa terbaiknya pada kompetisi produk smartwatches. Banyak pihak yang menganggap platform Android Wear kini bisa bersaing dengan kompetitornya yaitu Apple.

Konsep dari Android Wear itu sendiri tidak jauh berbeda dengan OS Android yang ada pada smartphone. Google secara garis besar hanya menyediakan OS Android Wear saja, sedangkan bentuk fisiknya (jam tangan) bisa dari produsen mana saja, seperti contohnya Motorola, Huawei, atau Samsung.

Sejak tahun 2014 lalu, perkembangan Android Wear tidak terlalu pesat, hingga pada akhirnya pada tahun 2017 nanti, Google berencana untuk merilis Android Wear 2.0

Bagi anda Android mania yang tidak begitu suka produk Apple, beberapa smartwatches berbasis OS Android Wear dibawah ini mungkin bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

1. Huawei Watch

huawei-watch

Smartwatch besutan negri tirai bambu ini memiliki layar grafis yang baik. Tidak hanya dari segi grafisnya saja, semua sensor yang ada juga teruji dengan bagus. Huawei Watch dapat mendeteksi apakah Anda sedang berjalan atau berlari. Smartwatch ini mengkaim anti gores, karena terbuat dari kaca kristal safir. Sayangnya belum terdapat GPS di dalamnya. Terdapat tiga varian warna yaitu gold, silver dan black.

2. Sony Smartwatch

sony-smartwatch-3-jam-tangan

Hingga saat ini, Sony telah meluncurkan 3 produk smartwatch-nya. Produk terbarunya saat ini adalah Sony Smartwatch 3. Pada Sony Smartwatch 3, yang menjadi keunggulan paling menonjol adalah pada daya tahan baterai yang cukup baik. Keunggulan lainnya dari Sony Smartwatch 3 adalah, sebagai salah satu smartwatch yang pertama kali sudah tertanam GPS di dalamnya.

Baca Juga:  Smart Clothing dan Tren Masa Depan Penggunaannya

3. Moto 360

smartwatch-motorola-moto360

Smartwatch besutan Motorola ini adalah salah satu smartwatch yang dapat dikostumisasi, sehingga pengguna bisa mendapatkan beragam kombinasi tampilan yang diinginkan. Kombinasi pada smartwatch Moto 360, dapat dilakukan pada bagian strap, case (kepala jam), warna dan tampilan pada layar jam.

4. Casio WSD-F10

Casio-Smart-Outdoor-Watch

Smartwatch Casio dirancang khusus bagi Anda penggemar outdoor activity. Produk smartwatch Casio WSD-F10 memiliki performa yang baik untuk digunakan pada kondisi ekstrim. Fitur yang mendukung untuk kondisi ekstrim tersebut antara lain fitur waterproof hingga kedalaman 50 meter, serta memiliki standar militer US (MIL-STD0810).

5. Michael Kors Smartwatch

michael-kors-smartwatches-access-dylan-bradshaw-3
Dylan (hitam) dan Bradshaw (gold)

Produk ini masih sangat baru. Tapi tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kedua produk andalan Michael Kors yaitu Dylan dan Bradshaw, menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon Wear 2100 dimana prosesor tersebut dikategorikan salah satu yang terbaik untuk smartwatch.

6. Fossil Q Wearable

fossil-q-wearable-smartwatch

Sebagai produsen jam tangan ternama, Fossil tidak mau ketinggalan untuk mengeluarkan produknya di lini smartwatches. Produk pertamanya yang akhirnya menuai sukses adalah Fossil Q Founder. Tampilan identik dari Fossil Q Founder adalah pada strap (tali jam) yang selalu terbuat dari bahan stainless steel. Sayangnya, desain dari Fossil Q Founder banyak menuai protes, karena hampir mirip dengan Moto 360.

Baca Juga:  Frame Kacamata dengan Teknologi Fitness Tracker di Dalamnya

7. Tag Heuer Connected

Tag-Heuer-Connected-smartwatches

Tag Heuer terkenal dengan teknologi mekanisnya pada jam tangan. Namun, saat ini mereka mencoba bermain di lini jam tangan digital. Resmi dengan nama Tag Heuer Connected, mereka mampu bersaing di pasaran smartwatch. Dengan menggunakan OS berbasis Android Wear, Tag Heuer Connected terus mengembangkan produknya. Jika Anda berminat untuk memiliki smartwatch ini, tidak perlu takut akan garansinya, karena setelah 2 tahun, smartwatch ini bisa ditukar dengan jam tangan analog.

8. Nixon Mission Smartwatch

nixon-smartwatch-mission

Nixon, merilis smartwatch dengan nama “Mission” yang dirancang khusus untuk aktifitas sporty, seperti berselancar atau bermain ski. Sama seperti Casio, Nixon fokus merancang produk smartwatch ini untuk kegiatan outdoor. Nixon Mission memiliki fitur water resistant hingga 10 ATM atau setara dengan kedalaman laut 100 meter. Memang sangat cocok bagi Anda para peselancar penggila ombak besar.

Baca Juga:  Android Wear 2.0 Ditunda Peluncurannya Hingga 2017

9. ASUS ZenWatch

asus-zenwatch-smartwatch

Salah satu pemain besar motherboard ini memang lagi gencar-gencarnya untuk mengembangkan produk digitalnya. Setelah ponsel pintar Zenfone, kini ASUS bermain di smartwatch dengan produknya ZenWatch. Produk terbarunya yaitu ZenWatch 2, dapat terkoneksi dengan iPhone. Hanya saja, akses untuk koneksi ke iPhone masih terbatas. Smartwatch Asus ZenWatch termasuk dalam jajaran smartwatch yang affordable, namun dengan spesifikasi yang tidak murahan.

10. LG Watch Urbane

LG-Watch_urbane-smartwatch

Smartwatch ini adalah produk terbaik yang pernah LG buat. Didukung dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz, LG Watch Urbane mampu bersaing dengan smartwatch di kelasnya. Tampilannya yang sederhana cocok bagi para kaum urban. Sayangnya smartwatch ini belum mendukung fitur GPS dan disainnya yang kurang ramping. Namun, dari segi pemakaian baterai, smartwatch ini cukup irit.

Apapun pilihan Anda pada smartwatch berbasis OS Android Wear di atas, pastikan jam tangan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan karakter yang ingin Anda tampilkan.

Tags : android wearjam tangan androidsmart clothingsmartwatchwearable tech
Vanessa

The author Vanessa

Netizen | Time waster | Chocolate lover ~ Contributor of Fashionpria.com

Leave a Response